in ,

Kolang Kaling Ampuh Atasi Asam Urat, Begini Cara Tepat Mengolahnya

CakapCakap – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap dikeluhkan kebanyakan orang. Beberapa penderita asam urat banyak mengeluhkan rasa nyeri, kaku pada persendian hingga terjadinya pembengkakan. Akibatnya, aktivitas yang Cakap People lakukan sehari-hari tidak bisa berjalan normal.

Untuk mengatasi asam urat, kamu bisa menggunakan salah satu produk alam yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya, yakni kolang-kaling.

Ilustrasi asam urat via detik.com

Untuk membuat olahan kolang-kaling sebagai solusi untuk mengatasi asam urat, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah dengan menyediakan kolang-kaling yang masih dalam keadaan utuh serta bersih
  2. Kamu bisa memberihkan kolang-kaling terutama untuk membersihkan lendirnya menggunakan air mengalir
  3. Selanjutnya lakukan perendaman selama beberapa jam
  4. Jika sudah, kamu bisa mencucinya kembali hingga bersih
  5. Setelah pencucian selesai dilakukan, kamu bisa memasukkan kolang-kaling ke dalam panci. Tambahkan beberapa sendok gula sesuai dengan selera dan rebus kolang-kaling tersebut
  6. Tunggu rebusan selama beberapa menit
  7. Manisan kolang-kaling siap untuk disajikan dan disantap

Langkah di atas adalah langkah mengolah kolang-kaling untuk dijadikan sebagai obat untuk asam urat. Hal penting yang harus diingat adalah dengan tidak mencampurkan kolang-kaling dengan pemanis ataupun zat pewarna ke dalamnya.

Kolang kaling merupakan salah satu obat tepat untuk mengatasi asam urat lantaran kandungan sehat di dalamnya. Meski demikian, akan ada efek negatif yang akan dirasakan jika pembuatannya dilakukan secara tidak benar.

Ilustrasi kolang kaling via malangtoday.net

Selain bagus untuk mengatasi asam urat, kolang kaling juga memiliki beragam manfaat yang lainnya. Salah satunya adalah untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini tidak lepas dari kandungan serat yang ada di dalam kolang kaling.

Dengan pencernaan yang berfungsi dengan baik maka sampah makanan dari tubuh akan segera dibuang dari dalam tubuh. Selain itu, nutrisi serta zat bergizi lainnya juga akan mudah untuk diserap ke dalam tubuh.

Kolang kaling dijual dengan harga yang murah dan mudah untuk ditemukan terutama di pasar tradisional. Selain dijadikan sebagai solusi untuk mengobati asam urat, Cakap People juga bisa menjadikan buah yang satu ini sebagai bahan pembuatan es buah dan kolak.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Takut Terlibat Cinlok di Kantor? Hindari dengan 5 Cara Ini

Wajib Tahu, Aneka Rempah Ini Akan Bantu Menurunkan Berat Badan!