in ,

Wow! Australia Habiskan Rp5 Miliar Demi Pasokan Indomie di Penjara

CakapCakap – Betapa bukan hanya orang-orang Indonesia saja yang hobi makan mie instan Indomie ya. Bahkan, Indomie sudah membuat para tahanan Australia ketagihan untuk menikmatinya. Demi memenuhi kebutuhan Indomie kesukaan para tahanan, Australia harus merogoh kocek yang tak sedikit.

Ya. Pemerintah negara bagian Victoria, Australia harus menghabiskan lebih dari 500 ribu dolar Australia, atau sekitar Rp5 miliar hanya demi membeli pasokan Indomie di penjara setempat. Jumlah itu untuk kebutuhan selama dua tahun, menurut laporan Nine News Melbourne seperti telah dikutip oleh Vice. Wow! Angka yang fantastis ya. Kamu bisa bayangkan berapa banyak Indomie yang didapat dengan pembelian sebesar itu?

Lalu, apa yang dilakukan pemerintah Australia dengan semua paket Indomie itu? 

Bungkusan Indomie itu disimpan di rak-rak penjara, di mana narapidana diizinkan untuk membeli mie instan, dan makanan ringan lainnya, dengan uang yang diperoleh dari melakukan pekerjaan di balik jeruji besi.

“Ini adalah bagian penting untuk memastikan orang ingin bekerja dan belajar bagaimana membuat anggaran dengan benar dan itu adalah bagian dari mekanisme pengelolaan penjara dan penjara itu sendiri,” Brett Collins, dari organisasi advokasi Prisoners Action Group mengatakan kepada Nine News Melbourne.

Mie instan sudah lama menempati ruang sentral dalam budaya penjara, dengan narapidana di Amerika Serikat sangat menghargai makanan ringan yang mengandung natrium ini. Sampai hari ini, Indomie itu seperti semacam bentuk “mata uang penjara” — menggantikan rokok sebagai metode pembayaran yang disukai.

Tetapi, tak semua narapidana Australia menyukai Indomie —mie instan Indonesia ini. Selain Indomie, pemerintah juga telah menghabiskan 1 juta dolar Australia, atau sekitar Rp10 miliar untuk pembelian permen.

“Daniel Andrews seharusnya kehabisan penjara,” kata John Pesutto, Jaksa Agung Bayangan (Shadow Attorney General) negara bagian itu, merujuk pada orang yang bertanggung jawab atas sistem penjara negara. Pesutto juga mempertanyakan anggaran 1 juta dolar Australia yang hanya digunakan untuk membeli permen.

Tapi apakah Indomie benar-benar makanan mewah? Orang Australia tidak begitu yakin.

Yang lain, berargumen bahwa para tahanan seharusnya mendapatkan bubur saja.

Pada akhirnya, dengan Indomie seharga $ 0,050 per bungkus, menjadikannya salah satu makanan termurah yang tersedia, jauh lebih murah daripada oatmeal bougie ini, yang merupakan makanan orang kaya. Dan jika para pemimpin oposisi seperti Pesutto berpikir mie instan Indonesia terlalu mahal, maka mereka akan benar-benar membuat takut sel penjara mewah kita.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut Tips Supaya Kolang-kaling Tak Terasa Asam!

Kucing Berwajah Galak “Grumpy Cat” Meninggal, Dunia Bersedih