in ,

Batasi Konsumsi 3 Makanan Ini Saat Idul Adha, Berikut Daftarnya!

Pasien darah tingi jangan terlalu banyak makan daging kambing

CakapCakap – Momen Idul Adha menjadi salah satu perayaan yang cukup berkenan di hati banyak orang. Sebab di hari istimewa tersebut banyak hal yang tak dapat dilupakan. Salah satunya momentum menyantap daging kurban secara bersama-sama dengan keluarga. Pada hari tersebut rasanya hampir semua umat muslim bisa makan dengan layak. Bukan demikian Cakap People?

Namun, kendati Idul Adha identik dengan daging kambing hingga sapi namun kamu harus membatasi jumlah dan porsi yang akan dikonsumsi. Mengapa? Sebab sesuatu hal yang berlebihan itu pasti tidak baik. Terlebih jika kamu memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi. Maka harus benar-benar menjaga porsi daging yang dikonsumsi dengan baik. Di hari Idul Adha ada beberapa jenis makanan yang harus kamu atur batas konsumsinya. Ini dia daftarnya!

1. Daging Sapi

Menyantap olahan dari daging sapi via Suara.com

Sapi adalah salah satu hewan kurban yang juga akan menghiasi perayaan Idul Adha. Dibanding daging kambing, ternyata daging sapi memang cenderung lebih aman guna disantap. Walau begitu kamu harus tetap mengendalikan jumlah yang dilahap. Sebab bagi pemilik tekanan darah dengan angka 200 dianjurkan untuk lebih ketat dalam mengonsumsi daging sapi.

Mengapa? Lantaran di beberapa orang dengan angka tensi yang tinggi disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah sebab ada kandungan purin yang tinggi. Kandungan purin ini bisa memicu lonjakan kadar asam urat sehingga dapat berujung ke penyakit jantung, risiko terkena stroke hingga gangguan ginjal. Daripada mengonsumsi daging, kamu dianjurkan untuk menyantap ayam atau ikan yang punya kandungan purin lebih rendah.

2. Daging Kambing

Sate daging kambing via Haibunda.com

Momen Idul Adha akan sangat identik dengan daging kambing. Banyak sekali menu-menu dari daging kambing yang dapat dimasak. Mulai dari sate hingga menu berkuah seperti gulai. Kendati macam-macam menu tersebut punya rasa yang nikmat, namun jangan lupa atur batas konsumsi yang tepat ya! Sebab daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang punya potensi untuk menaikkan tekanan darah secara mendadak dibanding dengan jenis daging lain. Pada perayaan Idul Adha biasanya akan ditemui menu kari yang berlimpah. Mungkin kamu akan sulit menolak menu tersebut. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya juga bisa memicu penyakit stroke akut loh.

3. Garam

Hindari terlalu banyak makan garam via Haibunda.com

Agaknya setiap masakan pasti memerlukan campur tangan dari garam. Sebab jika tidak rasanya akan sangat hambar, bukan begitu? Tetapi garam juga bisa memicu naiknya tekanan darah. Sehingga jika kamu merupakan pasien darah tinggi ringan atau berat wajib menjaga asupan garam.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang wajib Cakap People batasi jumlah konsumsinya. Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi konsumsi biji-bijian. Sebab ia memiliki kadar purin yang terbilang tinggi. Misalnya saja kacang-kacangan, melinjo hingga kangkung yang mana memang menyehatkan tetapi juga berpotensi meningkatkan asam urat. Kamu hanya perlu membatasinya, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi sama sekali.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Deretan Foto Langit Arafah Tampak Mendung dan Berawan Gelap

Ini Tips Main Tarik Ulur untuk Melindungi Hati, Anti Gagal!