in ,

Angka 13 Dibilang Sial, Sebenarnya dari Mana Asal Mitos Ini?

CakapCakap – Ada banyak sekali mitos yang berkembang dalam masyarakat yang sudah ada sejak jaman dahulu. Misalnya saja, mitos dari negara Mesir, yaitu membuka gunting tapi tidak digunakan untuk memotong apapun akan membawa kesialan. Tidak ketinggalan juga mitos mengenai angka 13 yang dipercaya sebagai angka sial. Cakap People percaya?

Bagi negara seperti Tiongkok dan Amerika, angka 13 dianggap membawa kesialan. Maka dari itu, banyak hotel dan bangunan yang tidak memiliki lantai 13. Sampai nomor rumah pun juga tidak ada yang menggunakan angka 13.

Ilustrasi angka 13. Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Mengapa mitos ini sampai bisa dipercaya oleh masyarakat? Ternyata memang banyak kejadian atau insiden yang berhubungan dengan angka 13. Sebagai contoh, insiden Apollo 13 yang merupakan hari kegagalan misi pendaratan di bulan oleh negara Amerika Serikat.

Penyebab dari insiden pada 13 April 1970 ini adalah terjadinya ledakan tangki oksigen. Beruntungnya sang astronot selamat dari kejadian ini.

Banyak orang juga percaya dan takut saat tanggal 13 jatuh pada hari Jumat atau yang dikenal dengan ‘Friday the Thirteen’. Hari tersebut dipercaya dapat membawa kesialan hingga dua kali lipat karena kepercayaan bahwa hari Jumat adalah hari yang sial ditambah dengan angka 13 yang juga membawa kesialan.

Bahkan, perusahaan besar seperti Microsoft juga menganggap angka 13 sebagai angka yang sial sehingga tidak dikeluarkannya versi Microsoft Office yang ke-13. Hal ini berarti perusahaan besar dunia pun juga percaya akan kebenaran mitos ini.

Mitos sial pada angka 13. Gambar oleh GregMontani dari Pixabay

Terdapat percobaan untuk pembuktian kebenaran ini oleh Pemerintah Inggris dengan membuat kapal bernama ‘Friday’. Namun, sayang sekali kapal tersebut bahkan tidak bisa menyelesaikan pelayaran pertamanya karena tenggelam.

Padahal Menurut Numerologi, angka 13 dianggap sebagai angka kesialan dari dari semua angka yang muncul. Angka 13 sebenarnya adalah angka yang melambangkan kepemimpinan. Orang-orang yang lahir pada tanggal 13 mempunyai karakter yang unik. Kepribadian mereka tidak mudah untuk ditebak dan cenderung misterius.

Bahkan ada banyak sekte atau perkumpulan rahasia yang memilih pemimpin dengan angka kelahiran 13. Nah, dari serangkaian kisah tersebut, Cakap People tahu bukan mengapa angka 13 menjadi angka yang dimitoskan sbagai angka sial? Bahkan negara-negara maju dengan beragam kecanggihan teknologi yang dimiliki justru meyakini mitos angka 13 tersebut. Wah, aneh juga ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Deretan HP Oppo yang Laris Manis di Indonesia!

5 Tanda Kamu Sedang Dikerjai Montir Nakal, Segera Waspada!