in ,

Mengapa Merah Menjadi Warna Resmi Perayaan Imlek? Ini Alasan Mengejutkannya!

CakapCakap – Cakap People! Pada setiap perayaan Tahun Baru Cina, deretan warna dan ornamen merah selalu dominan ya. Mulai dari lentera atau lampion merah, amplop angpao yang berwarna merah, juga baju-baju yang dikenakan pun terlihat banyak yang merah. Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa warna merah begitu populer di Cina, terutama pada Tahun Baru Imlek? Ternyata, ada alasan mengejutkan dibalik dijadikannya merah sebagai warna resmi perayaan Tahun Baru Imlek loh! Yuk, simak!

Melansir Reader’s Digest, sebuah legenda setempat mengatakan bahwa hal itu dimulai dengan adanya kisan Nian, binatang buas yang akan meneror penduduk desa di Tahun Baru, makan tanaman, ternak, dan acara anak-anak. Tetapi penduduk desa mengetahui bahwa Nian -si separuh kepala- ini  takut pada hal-hal seperti api, kebisingan, dan warna merah. Nian berhasil dikalahkan, dan sejak saat itu, warna merah dianggap membawa keberuntungan dan keberuntungan bagi semua.

Karen Katz, penulis Picture’s Book 2012 My First Chinese New Year, menyarankan agar memasang lentera merah dengan cara digantung di luar pintu untuk menangkal nasib buruk. Selain lentera merah, juga kertas guntingan berwarna merah digunakan sebagai hiasan untuk digantung di dinding. Jika kamu tinggal di dekat lingkungan Cina, kamu harus membeli barang-barang ini, tetapi jika tidak, online dan pesanlah. Kamu juga bisa membuat guntingan sendiri. Dikatakan Karen bahwa ini adalah sejarah di balik Tahun Baru Cina.

Meskipun seni tradisional memotong kertas dibuat dengan menggunakan pisau, tapi kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan mudah untuk membuat guntingan kertas merah (Jianzhi) ini untuk Tahun Baru Imlek di rumah. Mirip dengan memotong kepingan salju kertas, yang kamu butuhkan hanyalah gunting tajam dan kertas merah untuk membuat hiasan Tahun Baru Cina dengan warna merah yang meriah ini untuk digantung di jendela rumah kamu. Dan seperti kepingan salju, tidak ada guntingan kertas yang sama, bahkan ada beberapa karya seni luar biasa yang sudah dimasukkan dalam koleksi museum. 

Tapi tetap saja ya Cakap People! Cara paling populer untuk merayakan Tahun Baru Cina adalah membagikan amplop merah alias angpao yang penuh dengan uang. Namun, seperti mainan di bawah pohon Natal, beberapa tradisi ditujukan untuk anak-anak, dan amplop merah Cina diberikan kepada mereka untuk mengusir roh jahat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wajib Tahu Nih! Inilah Alasan Mengapa Buah Jeruk Selalu Ada Pada Perayaan Imlek

Ekspor Toyota Indonesia Terus Naik, Ini Mobil Paling Laris di Luar Negeri!