in ,

Tak Hanya Cheongsam, Ini Pakaian Khas Imlek Lain yang Wajib Kamu Tahu!

CakapCakap – Hampir setiap masyarakat memiliki budaya serta tradisi yang berbeda-beda. Jika mayoritas orang Indonesia merayakan Lebaran, maka bagi masyarakat China Lebaran mereka di kala perayaan tahun baru Imlek. Di kala waktu itu tiba, maka mereka pun akan mengenakan busana khas Cakap People.

Sudah tahu apa nama busana yang dikenakan? Namanya adalah Cheongsam. Masyarakat yang bersangkutan percaya jika pemakaian pakaian baru ini bisa melindungi pemakai dari roh jahat. Namun tak hanya Cheongsam saja jenis pakaian yang bisa digunakan, ada beberapa jenis pakaian khas Imlek lain. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Hanfu

Pakaian tradisional suku Han via Tionghoa.info

Apabila diterjemahkan secara harfiah, maka artinya ialah pakaian etnis Han. Sehingga pakaian ini mencakup busana tradisional untuk dinasti Qing. Terdapat cukup banyak variasi dari pakaian yang satu ini. Namun secara umum bentuknya dikemas ke dalam jenis rok serta kemeja. Baju tradisional ini memiliki lengan yang lebar, panjang serta ada kerah silang. Sama dengan bagian rok yang juga panjang hingga terkadang di atas dada. Desain Hanfu pada Dinasti Tang pun memengaruhi Kimono Jepang, sementara Dinasti Ming berpengaruh terhadap Hanbok Korea.

2. Qipao

Baju tradisional berdesain modern via Eveshopashop.com

Dulunya pakaian berikut memiliki desain yang terbilang rumit sebab harus disulam di dalam bagian kain. Namun ketika dalam masa penjajahan, Qipao akhirnya mulai memiliki sentuhan kebarat-baratan. Saat ini Qipao punya potongan yang cukup ketat. Kendati telah dirancang secara modern, namun Qipao masih bertahan dengan desain kerah yang lurus dan simpul tradisional khas China dengan sulaman.

3. Tang Suit

Busana khas Imlek untuk pria via Profile.kkcantik.my.id

Setelan Tang atau Tang Suit ialah busana yang asalnya dari dinasti Tang. Untuk masa sekarang, mayoritas orang menyebutnya sebagai jaket tradisional dari China. Hal ini dikarenakan modelnya menyerupai jaket berkuda Man dengan jas ala Barat. Apabila kamu gemar menonton film berbau bela diri Tiongkok, maka pasti kamu akan melihat Jackie Chan mengenakannya. Sementara untuk wanita nama busana ini ialah Tang Zhuang. Di mana kerahnya lurus serta terbalik.

Itulah dia busana khas ala China saat merayakan Imlek Cakap People. Sehingga busana tradisionalnya tidak hanya Cheongsam saja. Melainkan ada juga busana lain yang tak kalah indah dan memiliki filosofi yang menarik. Tertarik untuk memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wah! Kini Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Dicicil, Loh!

Deretan Shio Ini Dianggap Paling Beruntung di Tahun 2019, Kamu Termasuk?