in

Biar Enggak Boros, Coba Tips Hemat ini Saat Imlek atau Dalam Keseharianmu

CakapCakap – Cakap People, sama seperti tahun baru biasa, tahun baru tanggalan China atau sering disebut dengan Imlek juga pastinya dirayakan dengan meriah. Pernak-pernik perayaan Tahun Baru Imlek seperti lampion dan atraksi barongsai menjadi salah satu ikon penting yang mewarnai pusat perbelanjaan di berbagai kota. Hiasan Imlek berwarna merah juga menjadi salah satu hal yang ‘wajib’ ada dalam perayaan ini. Tak ketinggalan, Tahun Baru China juga dihiasi dengan diskon-diskon yang bertebaran di seluruh website dan pusat perbelanjaan.

Sayangnya nih, diskon-diskon itu justru membuat kita boros. Oleh karena itu, kita harus bisa menjadi smart-buyer atau pembeli yang cerdas. Ada beberapa tips paling jitu mengenai belanja hemat yang bisa kamu terapkan tak hanya pada saat Imlek saja, tapi bisa juga untuk keseharian kamu.

1. Buang Barang yang Akan Membuatmu Overspending

Buang Barang yang Akan Membuatmu Overspending via Rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/413980/female-friends-out-shopping-together

Cakap People, perayaan Imlek selalu dimeriahkan dengan barang-barang cantik dan makanan tradisional yang beragam. Namun, perlu diperhatikan bahwa terkadang barang-barang tertentu justru membuatmu overspending atau mengeluarkan uang yang berlebihan. Biar nggak overspending, coba deh periksa satu per satu lagi barang mana yang wajib kamu beli dan yang bisa kamu tunda.

2. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Batasi Penggunaan Kartu Kredit via Rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/400191/woman-paying-lunch-credit-card-restaurant

Meski keberadaan kartu kredit dianggap membantu, namun jika kamu gunakan secara berlebihan, kartu kredit bisa jadi bumerang buat dirimu sendiri. Batasilah penggunaan kartu kredit saat belanja termasuk ketika Imlek. Bijaklah menggunakan kartu kredit ini ya. Jangan sampai khilaf!

3. Buatlah Rekening Terpisah

Buat Rekening Terpisah via Rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/38406/free-photo-customer-transaction-withdrawal

Cakap People, ada baiknya untuk membuat rekening terpisah saat Imlek. Menggunakan satu rekening bank terpisah untuk digunakan selama satu bulan akan membuatmu lebih mudah mengontrol pengeluaran. Berusahalah untuk membedakan rekening bank untuk pengeluaran dan rekening bank untuk tabungan.

4. Pastikan Semua Belanjaanmu Masuk Anggaran

Masuk anggaran via rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/555910/purse-discount-label-tag

Belanja itu boleh-boleh saja kok. Tapi pastikan harga belanjaanmu masuk dalam anggaran yang sudah disiapkan. Sesuaikanlah barang belanjaan yang akan kamu beli, dengan anggaran yang telah kamu siapkan. Jangan malah over budget ya karena “lapar mata”.

5. Gunakan Aplikasi Pengatur Uang

Gunakan Aplikasi Pengatur Uang via Rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/64674/girl-taxi

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, mudah bagimu untuk selalu menggunakan seluruh aplikasi keuangan. Salah satunya adalah aplikasi pengatur keuangan dalam sebulan. Beberapa aplikasi ini bahkan menawarkan layanan untuk mengetahui saldo rekeningmu sehingga kamu tahu berapa jumlah uang yang sudah kamu belanjakan.

Aplikasi yang terhubung dengan rekeningmu ini bahkan bisa tahu sisa saldo yang kamu miliki. Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengatur keuanganmu.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Cetak Sejarah Baru, Paus Fransiskus Kunjungi Semenanjung Arab

Gawat! 800 Ribu Konten Hoax Beredar di Indonesia Setiap Tahun