in

5 Hewan Ini Miliki Masa Hidup Pendek, Ada yang Cuma Sehari lho!

CakapCakap – Perlu Cakap People ketahui kalau beragam hewan yang ada di muka bumi ini punya masa hidup yang berbeda. Bahkan rentang waktu hidup mereka ada yang begitu singkat sehari saja. Menariknya, meski hanya sehari jenis hewan ini sudah bisa melakukan perkembangbiakan untuk melestarikan populasinya.

Nah, jadi penasaran bukan dengan hewan-hewan yang punya masa hidup singkat ini? Langsung saja simak ulasan tentang lima hewan dengan umur terpendek di bumi berikut.

1. Mayflies

Mayfly via Pixabay/ JaStra

Serangga air ini mempunyai masa hidup hanya sehari saja. Tak lebih dari 24 jam membuat hewan satu ini mendapat predikat hewan dengan usia terpendek di bumi. Punya wujud serupa capung, hewan ini hidup sebagai nimfa yang juga berkembang biak.

Jangan salah Cakap People, meski batas waktu hidupnya hanya sehari, tetapi Mayflies betina bisa hasilkan telur 400-3000 telur lho! Bahkan telur yang dihasilkan indukan hewan ini hanya butuh hitungan hari untuk menetas.

2. Gastrotricha

Gastrotricha via Alchetron.com

Hewan yang memiliki rupa layaknya cacing, Gastrotricha ini memiliki ukuran sangat kecil antara 0,06 hingga 3,0 mm.  Hewan mikroskopis ini bisa ditemukan di area perairan air tawar dan laut. Biasanya hewan bertubuh transparan ini hidup dengan berenang mengikuti arus air. Lama hidupnya hanya 3 hari.

3. Drone Ants

Drone Ant via Antfarmingblueprint.com

Koloni semut jantan ini memiliki masa hidup hanya 3 minggu. Kematian semut ini biasanya usai melakukan perkawinan dengan semut betina. Meski pendek, keberadaan Drone Ants ini membantu perkembangbiakan semut betina. Semut ini juga dikenal semut pemalas.

4. Capung

Capung via Pixabay/ Bergadder

Hewan yang memiliki sayap untuk terbang ini juga termasuk pemilik masa hidup pendek, yaitu 4 bulan saja. Hewan yang punya spesies sebanyak 5000 ini masa hidupnya sering tak sampai 4 bulan. Mengingat ada banyak faktor yang menyebabkannya mati, seperti faktor cuaca dan iklim yang bisa berdampak pada larvanya. Selain itu juga dimangsa oleh binatang lain seperti katak, kadal, burung, dan laba-laba.

5. Tikus

Tikus via Pixabay/ Alexas_Fotos

Binatang pengerat satu ini ternyata hanya bertahan hidup selama setahun. Akan tetapi ada banyak faktor yang bisa mengakhiri hidupnya, seperti dimangsa kucing, dibasmi manusia, atau keracunan. Untuk ukuran tikus, tak dipengaruhi umur melainkan jenis makanan yang masuk ke tubuh hewan ini.

Nah, Cakap People kini jadi tahu dengan deretan hewan yang punya masa hidup pendek. Bahkan ada yang hanya hidup sehari saja. Meski begitu, kesimpulannya siklus hidup binatang ini juga bisa lebih pendek ya bergantung banyak faktor di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Tahu! Susu Almond Ternyata Bisa Tingkatkan Libido Pria

Dibilang Gemuk, Termasuk Body Shaming atau Bukan?