in

Jangan Kaget! Ternyata Ini 4 Alasan Hewan Memakan Anaknya Sendiri

CakapCakap – Perilaku beberapa hewan memang terkadang membuat kita terheran-heran ya, Cakap People. Salah satunya adalah perilaku hewan yang yang memakan telur atau bahkan anaknya sendiri. Kenapa bisa begitu?

Sebenarnya beberapa hewan tersebut memiliki alasannya sendiri-sendiri lho, Cakap People! Nah, beberapa alasan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1. Untuk pertahanan diri

Kadal via mongabay.co.id

Ada hewan yang memakan anaknya sendiri sebagai bentuk  pertahanan diri. Seperti halnya kadal matahari yang akan memakan telur-telurnya sendiri saat ada serangan dari predator. Alasan kadal tersebut melakukannya adalah jika telurnya dimangsa maka usaha perkembangbiakan yang dilakukannya akan menjadi sia-sia.

2. Untuk membagikan nutrisi

Hamster via scienceshorts.com

Kamu tentu tahu jika ada beberapa hewan yang memiliki keturunan dalam jumlah yang banyak sekaligus, seperti halnya hamster. Jika hamster memiliki anak dengan jumlah lebih dari yang bisa ia rawat, maka hewan ini akan memakan anaknya.

Misalnya saja, hamster melahirkan 8 atau 10 ekor hamster. Selanjutnya ia akan memakan 2 diantaranya. Namun jika jumlah anaknya lebih sedikit maka hamster tidak akan melakukan hal tersebut.

3. Insting induk

Kucing via kucing.info

Alasan hewan memakan anak atau telur yang selanjutnya adalah karena insting induk. Seperti halnya saat anak dari hewan tersebut lahir dalam keadaan sakit dan memiliki angka kemungkinan untuk bertahan hidup kecil, maka beberapa jenis mamalia akan memilih untuk memakannya. Hal ini bisa terjadi pada kucing ataupun beruang.

Seperti halnya beruang di kebun binatang Smithsonian, induk beruang melahirkan melahirkan 3 ekor beruang. Namun tiba-tiba ia justru memakan 2 ekor anaknya. Setelah diperiksa, ternyata beruang tersebut memiliki kondisi infeksi dan hipotermia.

4. Masuk dalam masa kawin

Ikan via bahasikan.com

Alasan yang selanjutnya adalah telah memasuki masa kawin. Pada jenis ikan Goby yang telah memiliki jumlah telur mencapai ribuan, ikan Goby yang jantan harus merawat semua telur tersebut. Namun telur-telur tersebut tidak tumbuh di masa yang sama. Ketika masa kawin datang dan ada telur yang belum menetas, ikan Goby akan memakan telurnya yang tersisa.

Nah, itu tadi beragam alasan kenapa ada hewan yang memakan telur atau anaknya sendiri. Jadi bukan tanpa sebab mereka melakukannya. Jadi hal itu bukan lagi hal yang aneh bagi hewan-hewan tersebut ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wajib Simak, Ini 4 Terapi Aman untuk Bantu Memperbaiki Kondisi Jiwa!

Penderita Diabetes Ingin Puasa? Perhatikan Poin Penting Ini Dulu