in

4 Trik Menyimpan Tepung Agar Tahan Lama dan Tak Berkutu!

CakapCakap – Tepung merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu tak diragukan lagi jika banyak orang yang menyimpan tepung di rumah sebagai stok. Sebenarnya boleh saja menyimpan tepung sebagai stok. Namun Cakap People harus benar-benar memerhatikan cara penyimpanan bahan makanan tersebut.

Sebab jika tepung tak disimpan dengan baik, maka besar kemungkinan jika akan berbau tak sedap serta dipenuhi dengan kutu dan jamur. Lantas, bagaimana cara simpan tepung yang benar agar tahan lama dan tak berkutu? Kamu bisa mengikuti beberapa trik cerdas berikut ini!

1. Simpan di tempat sejuk

Trik menyimpan tepung agar awet via Sajiansedap.grid.id

Di mana biasanya kamu menyimpan tepung? Lebih baik simpan tepung dalam ruangan yang sejuk tetapi tak jauh-jauh dari cahaya matahari. Pilihlah tempat penyimpanan yang tak gelap, lembab maupun disimpan dalam lemari dalam waktu terlampau lama.

2. Hindari mencampur tepung baru dengan lama

Pisahkan tepung baru dengan yang lama via Food.detik.com

Sering melakukan kebiasaan berikut ini? Tanpa disadari kebiasaan berikut malah menjadikan tepung baru terkontaminasi dengan kondisi tepung lama. Terlebih jika tepung lama memiliki kondisi yang kurang bagus. Maka bisa berdampak pada bau dan warna dari tepung baru. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memisahkan tepung baru dan yang lama. Hal ini guna mencegah timbulnya kutu pada tepung baru.

3. Pilih wadah yang tepat

Simpan dalam wadah tertutup via Food.detik.com

Dalam menyimpan tepung, maka kamu memerlukan wadah rapat yang juga kedap udara. Kamu dapat memilih wadah berbahan plastik maupun kaca. Wadah tertutup dapat mencegah tepung dari suhu yang lembab. Selain itu, serangga juga dapat dipastikan tak akan masuk menjangkau tepung. Alhasil bau tepung tak akan berubah menjadi tengik.

4. Masukkan dalam freezer

Simpan ke dalam freezer via Rimma.co

Setelah membeli tepung, maka jangan langsung membukanya. Kamu bisa memasukkan tepung yang masih terbungkus plastik tersebut ke dalam freezer. Biarkan tepung terdiam di dalam freezer selama 48 jam. Hal ini bertujuan guna membasmi kumbang beserta telurnya yang mungkin terdapat di dalam tepung.

Seringkali orang hanya menyimpan tepung tanpa memerhatikan kondisinya. Jika kamu ingin tepung awet dan tak berkutu, maka perhatikan trik di atas Cakap People. Selain itu, tuliskan pula tanggal penyimpanan tepung. Supaya kamu bisa mendeteksi akankah tepung tersebut masih layak digunakan atau tidak.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Duh! Lebih 21 Ribu Orang Indonesia Positif HIV di 2018, Jakarta Tertinggi

Ternyata Inilah 3 Masalah Kesehatan Terbesar di Indonesia