in

3 Alasan Utama Mengapa Travelling Bisa Membuat Kita Makin Cerdas

Ayo jalan jalan!

CakapCakap – Walau zaman sudah semakin fleksibel dan terbuka, faktanya masih ada beberapa individu yang masih menganggap jalan-jalan (travelling) sebagai kegiatan untuk refreshing saja.

Alias, kegiatannya tidak memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan diri kita atau lebih spesifiknya lagi, kecerdasan yang kita miliki. Well, kata siapa? Justru percaya atau tidak, sering berjalan-jalan / wisata ke lokasi lain yang belum pernah kita kunjungi, justru secara tidak kita sadari, membuat daya pikir kita makin meningkat.

Dan berikut adalah 3 alasan / penjelasannya mengapa dikatakan demikian.

1. Meningkatkan Kekuatan Otak Kita

jalan jalan kekuatan otak

Meningkatkan kekuatan otak via Medium

Faktanya kegiatan travelling mendorong otak kita untuk bekerja di tingkatan teratas / maksimal. Alias, membuat otak kita terus terasah / segar terlepas, usia yang semakin menua.

Pernyataan tersebut sudah dibuktikan melalui percobaan yang pernah dilakukan terhadap pensiunan kerja yang sudah berusia 50-60 tahun. Dari percobaan yang dilakukan terungkap bahwa mereka yang senang travelling, memiliki kenaikan stimulasi mental sebanyak 75% dan 82% lebih tangkas untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Dengan kata lain, rajin travelling, membuat kita tetap menjadi tangkas dan tanggap terlepas sudah memasuki usia senja.

2. Meningkatkan Daya Ingat

jalan jalan mempertajam memori

Ingatan bakalan jadi tajam via Be Brain Fit

Ketika kita travelling ke kota atau negara lain, otomatis mau tak mau kita harus belajar untuk berbicara dengan bahasa asing yang menjadi bahasa percakapan sehari-hari di negaranya tersebut.

Nah ketika kita belajar untuk berbicara dengan bahasa asing tersebut terlebih, dengan menggunakan idiom-idiomnya, secara tidak langsung, hal yang kita lakukan ini akan merangsang sisi memori jangka pendek yang kita miliki.

Selain itu di saat yang sama, aktivitas ini juga bisa makin meningkatkan daya fokus yang kita miliki loh! Jadi yap. Apabila memang tidak ingin pikun dan tetap fokus sefokus-fokusnya, mulai sekarang sering-seringlah untuk jalan-jalan ke luar negeri.

3. Meningkatkan Daya Kreativitas

jalan jalan kreatif otak

Bakalan kreatif banget deh! via INTHEBLACK

Ketika jalan-jalan terlebih lagi-lagi apabila kita ke luar negeri, pastinya kita akan mendapatkan aura baru, suasana baru, dan tentunya lokasi-lokasi baru yang keren dan indah-indah.

Nah tahukah kamu Cakap People? Bahwa ketika kita melihat atau merasakan hal yang baru-baru atau yang indah-indah tersebut, secara tak langsung aktivitas ini akan merangsang saraf-saraf kreativitas di otak kita.

Oleh karenanya tak mengherankan jika kita sering mendengar kasus dimana banyak orang terutama yang berprofesi sebagai seniman, tiba-tiba langsung terinspirasi untuk menghasilkan karya baru setelah mengagumi arsitektur atau aspek-aspek keindahan yang ada di negaranya tersebut.

Bagaimana nih Cakap People? Apakah setelah membaca ketiga info ini, kini kamu kian greget saja untuk rajin travelling?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mudah dan Hemat, Manfaatkan Saja Garam Dapur untuk Mengatasi Ketombe

Viral! Crosshijaber, Pria Berpakaian Muslimah Syar’i Hingga Bercadar yang Harus Diwaspadai