in ,

Zhong Huijuan, Mantan Guru Kimia Ini Menjadi Wanita Terkaya dengan Usaha Sendiri di Asia

Harta kekayaan Zhong kini mencapai Rp147 triliun. Wow!

CakapCakap – Beberapa hari yang lalu, Zhong Huijuan bahkan bukan orang terkaya di keluarganya.

Sekarang, dia menjadi wanita terkaya di Asia dengan kekayaan $10,5 miliar, atau sekitar Rp147 triliun berkat usaha sendiri, menurut Bloomberg Billionaires Index, Sabtu 15 Juni 2019.

Zhong Huijuan. (Source: Hong Kong Exchanges and Clearing Ltd.)

Inilah Sumber Kekayaan Zhong Huijuan

Sebagian besar kekayaan Huijuan berasal dari saham miliknya di Hansoh Pharmaceutical Group, produsen obat-obatan psikotropika terbesar di Cina, yang melonjak 37% pada hari Jumat di Hong Kong selama hari pertama perdagangannya.

Zhong, seorang mantan guru kimia yang mendirikan Hansoh pada 1995, menyalip Ketua Longfor Group Wu Yajun untuk gelar wanita terkaya dengan usaha sendiri. Zhong adalah wanita terkaya kedua di Asia, hanya tertinggal dari Yang Huiyan, wakil ketua Country Garden Holdings, yang mendapatkan kekayaannya dari warisan.

Lonjakan saham menempatkan kekayaan bersih Zhong tepat di atas masing-masing dari empat saudara Mars, yang kekayaannya berasal dari kerajaan permen yang diciptakan oleh kakek buyut mereka, menurut indeks. 

Kekayaannya juga jauh melebihi Blair Parry-Okeden, yang kakeknya membangun konglomerat media Cox Enterprises, serta Christy Walton, janda putra kedua pendiri Walmart Sam Walton.

Keluarga Farmasi Terkaya

Kekayaan Zhong kini telah melampaui kekayaannya yang terpisah $9,4 miliar dari suaminya, Sun Piaoyang, dari perusahaan farmasi Jiangsu Hengrui Medicine. Kekayaan bersih gabungan untuk pasangan ini juga menjadikan mereka salah satu keluarga pharma terkaya di dunia, menyaingi Sacklers, yang menghasilkan uang dengan menjual opioid, dan Bertarellis dari Swiss, yang bernilai $16,3 miliar.

Zhong mengatakan dalam upacara pendaftaran perusahaan yang berbasis di Lianyungang, Jiangsu bahwa dukungan pemerintah memainkan peran penting dalam keberhasilan pembuat obat. 

Ilustrasi obat-obatan.

Pengeluaran perawatan kesehatan di China telah melonjak menjadi 5,9 triliun yuan ($852 miliar) tahun lalu dari 3,5 triliun yuan pada tahun 2014, dan diproyeksikan mencapai 9,4 triliun yuan pada tahun 2023, Hansoh mengatakan dalam prospektus untuk penawaran tersebut.

Perusahaan meneliti dan memproduksi obat-obatan di berbagai bidang seperti onkologi, kardiovaskular dan diabetes, menurut pengajuan, dan mendapatkan hampir setengah dari pendapatannya berasal dari perawatan kanker.

Zhong lulus dengan gelar sarjana kimia dari Universitas Normal Jiangsu pada Juli 1982 dan mengajar kimia di sekolah menengah Yan di Lianyungang pada awal 1990-an, menurut situs web All-China Women’s Foundation.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Oleskan Wasabi di Kepala Jika Kamu Mengalami Kebotakan Rambut

Berapa Cangkir Kopi yang Aman Diminum? Riset: Sampai 25 Cangkir Setiap Hari!