in ,

Yuk, Wisata Edukasi ke Rumah Pohon di Makassar

Di beberapa daerah, banyak Rumah Pohon yang diadaptasi sebagai hotel, penginapan, atau juga restaurant. Kesemuanya dibuat begitu unik seperti ada di atas pohon, untuk menarik minat pengunjung yang ingin tinggal atau menikmati suasananya. Tetapi berbeda dengan Rumah Pohon di daerah lain, Makassar punya Rumah Pohon yang berfungsi sebagai sanggar belajar. Keunikan yang ditonjolkan bukan hanya fungsinya yang berbeda jika dibandingan dengan Rumah Pohon di kota lain, tetapi juga bahan-bahan yang digunakan untuk membangunnya. Penasaran seperti apa Rumah Pohon ini?

Rumah Pohon dengan Bahan Pembangunan dari Daur Ulang Sampah
news.rakyatku.com

Rumah Pohon di Makassar ini dibuat dengan memanfaatkan barang bekas yang bagi sebagian besar orang sudah dianggap sebagai sampah. Barang bekas tersebut dibuat sedemikian rupa menjadi benda yang berguna di rumah pohon tersebut, setidaknya sebagai hiasan atau dekorasi saja. Tapi itu lebih bermanfaat ‘kan daripada dibuang?

Rumah Pohon ini didirikan pada Februari 2016 oleh Edi Suranta Ginting. Pak Edi membangun rumah ini diatas sebuah pohon besar yang berlokasi di pinggir sungai Masamba. Ketika membangunnya, Edi Suranta berkeinginan untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi belajar bahasa inggris bagi masyarakat sekitar. Sistem pembelajarannya adalah dengan sistem volunteering, yakni mengajak para wisatawan untuk mau tinggal sebentar dan mengajarkan hal praktis dalam berbahasa inggris. Tetapi untuk menjamin keberlangsungan pembelajaran yang kontinu, Edi Suranta bekerjasama dengan Devita Uli Manalu untuk menjadi pengajar bahasa inggris tetap. Selain sebagai area belajar bahasa inggris, Rumah Pohon ini juga menjadi area pembelajaran untuk masyarakat yang ingin tahu teknis mengelola sampah menjadi barang yang berguna dan bahkan bernilai jual.

Rumah Pohon sekaligus Area Wisata Edukasi
makassar.tribunnews.com

Seiring dengan berkembangnya Rumah Pohon ini, sekarang tidak hanya orang Makassar dan Sulawesi Selatan saja yang mengetahui keberadaannya, tetapi juga para wisatawan domestik maupun mancanegara. Sudah banyak pelancong yang datang ke tempat ini, untuk berwisata dan menikmati keindahan Rumah Pohon yang terletak persis di tepian sungai. Tidak sedikit wisatawan juga yang tertarik dengan pembelajaran bahasa inggris dan daur ulang sampah, hingga mereka mau tinggal sejenak untuk berpartisipasi.

Kalian sedang berencana untuk berlibur ke Makassar? Bisa loh tempat ini jadi salah satu destinasi wisata kalian!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tips Tampil Menarik Ala Wanita Kantoran, Cantiknya Elegan

Uniknya Kawasan Makassar untuk Pelancong Kekinian