in ,

Wow, Inilah Bandara Raksasa Beijing “Golden Phoenix” Seluas 144 Lapangan Sepak Bola!

Bandara Internasional Beijing Daxing ini menghabiskan anggaran Rp162 triliun dan bakal diresmikan pada perayaan ulang tahun ke-70 RRT nanti.

CakapCakap – Beijing akan membuka bandara bernilai miliaran dolar yang menyerupai bintang laut besar yang bersinar, atau disebut sebagai “Golden Phoenix, untuk mengakomodasi lalu lintas udara yang melonjak di Tiongkok. Peresmian bandara ini akan dilakukan pada perayaan ulang tahun ke 70 pemerintah komunis yang berkuasa.

Pekerjaan di Bandara Internasional Daxing Beijing secara resmi berakhir sesuai jadwal pada Minggu, 30 Juni 2019, untuk kemudian diresmikan pada 30 September, yakni pada malam peringatan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok pada 1 Oktober 1949 oleh Mao Zedong.

Foto: AFP/STR

Pada perayaan itu Presiden Xi Jinping akan meninjau parade militer besar-besaran yang melalui pusat Kota Beijing.

Terletak 46 kilometer di sebelah selatan alun-alun Tiananmen, bandara baru akan beroperasi dengan kapasitas penuh pada 2025. 

Bandara memiliki empat landasan pacu dan berpotensi menerima 72 juta penumpang per tahun.

Pasar Penerbangan Terbesar

Pada 2040 hub ini diperkirakan telah berkembang menjadi delapan landasan pacu termasuk satu untuk penggunaan militer. Dan akan dapat menerima 100 juta penumpang per tahun. Hal ini akan menjadikannya sebagai terminal tunggal terbesar di dunia dalam hal kapasitas perjalanan. Seperti dikatakan desainernya.

Bandara Atlanta di Amerika Serikat saat ini menerima lebih dari 100 juta penumpang, dengan dua terminal. Sementara Bandara Internasional Beijing Daxing saat ini—kedua terbesar di dunia—sudah tidak bisa menampung jumlah penumpang.

Foto: Greg Baker/AFP.

Transportasi udara di Tiongkok meningkat seiring bertambahnya keinginan warga untuk bepergian ke banyak tempat. Menurut prediksi Asosiasi Transportasi Udara Internasional, Tiongkok akan menjadi pasar terbesar penerbangan di dunia melampaui AS pada pertengahan 2020.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional juga memprediksi akan ada 1,6 miliar perjalanan udara dari dan menuju Tiongkok mulai tahun 2037.

Ibukota Tiongkok, Beijing—dengan jumlah penduduk 21 juta orang—diperkirakan bakal menerima 170 juta penumpang pesawat pada tahun 2025, terbagi pada kedua bandara.

Bandara Ini Memiliki Luas Setara dengan 144 Lapangan Sepakbola

Dengan luas 1,03 juta meter persegi — seukuran 144 lapangan sepakbola —Bandara Internasional Beijing Daxing akan menjadi terminal bandara terbesar di dunia, menurut Xinhua News.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Inggris-Anglo-Irak Zaha Hadid, yang meninggal pada 2016, bersama dengan anak perusahaan teknik Aeroports de Paris.

Di dalamnya, ia menonjolkan garisnya yang melengkung dan penggunaan cahaya yang menurun ke tingkat terendah bangunan melalui bukaan di atap.

Di bawah terminal adalah stasiun kereta api dan jalur metro yang akan memungkinkan wisatawan mencapai pusat kota dalam 20 menit atau lebih.

Foto: Reuters.

Proyek bandara ini menelan biaya sebesar £9 miliar (sekitar Rp162 triliun) atau dengan rincian: 120 miliar Yuan (US17,5 miliar), 400 miliar Yuan jika termasuk jalur kereta api dan jalan.

Saluran televisi pemerintah CCTV melaporkan bahwa aliansi SkyTeam, yang meliputi Delta Air France dan KLM, akan pindah ke bandara baru itu, bersama dengan mitranya Eastern Airlines dan China Southern Airlines.

Maskapai penerbangan Tiongkok terbesar ketiga, Air China, diperkirakan akan terus menerbangkan sebagian besar penerbangannya dari Bandara Internasional Ibu Kota Beijing.

THE DAILY MAIL | AGENCE FRANCE PRESSE

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Duh! 46 PNS Dipecat Gara-Gara Hobi ‘Kumpul Kebo’ Hingga Jadi Istri Kedua

Lansia Meninggal di Bioskop Pasca Nonton Film Annabelle Comes Home