in

Waspada, Ternyata Facebook Messenger Bocorkan Identitas Orang yang Kamu Hubungi!

CakapCakap – Facebook merupakan salah satu media sosial populer yang banyak digunakan. Cakap People salah satu penggunanya bukan? Apalagi makin dipermudahkan dengan adanya aplikasi penunjangnya seperti Facebook Messenger yang makin memanjakan pengguna.

Namun ada kabar yang kurang sedap mengutip dari lansiran Suara. Disebutkan bahwa saat menggunakan aplikasi ini untuk menghubungi teman ataupun mitra juga sanak saudara, mungkin kini akan merasa khawatir dengan adanya bug pada messenger.

Facebook messenger via Selular.id

Menurut peneliti keamanan, ia menemukan kerentanan yang memungkinkan peretas untuk mengetahui siapa saja yang telah kamu kirimi pesan. Ron Masas yang berasal dari perusahaan teknologi Imperva mengungkapkan jika kesalahan dalam versi web Facebook Messenger membuat situs web manapun bisa mengetahui dengan siapa saja kamu telah berkirim pesan.

Ia juga menerbitkan penelitian yang menunjukkan jika kesalahan serupa bisa mengekspor siapa saja yang menyukai status facebook hingga menilik riwayat lokasi dan metadata dan lain-lain.

Bahkan dengan adanya kerentanan ini, kamu ataupun pacarmu bisa saling mengetahui rahasia kekasih dan memungkinkan situs web ini untuk mengetahui siapa pengguna facebook yang telah kamu ajak berkomunikasi melalui messenger.

Jika jatuh ke tangan pengiklan ataupun pemerintah, informasi semacam ini bisa digunakan untuk mengungkapkan berbagai hal buruk mengenai seseorang ataupun mereka yang menjadi target sasaran. Dengan demikian, kamu juga bisa menebak keyakinan politik seseorang melalui messenger sebagai contoh, kamu bisa mengetahui orang-orang macam apa yang paling banyak diajak berkomunikasi dalam waktu yang lama.

Dengan kemampuan dalam mengekspos siapa yang diajak berkomunikasi, maka perusahaan juga bisa melihat ketertarikan seseorang dalam bidang tertentu. Alhasil, kamu akan mendapatkan bombardir iklan sesuai dengan produk yang kamu sukai.

Tampilan aplikasi facebook messenger via smallbiztrends.com

Tim keamanan Facebook sendiri kini telah menghancurkan semua bug yang diidentifikasi oleh Imperva. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan adanya peretas yang meretas data ataupun rahasia milikmu.

Mark Zuckerberg juga baru-baru ini berjanji akan segera memperkenalkan langkah-langkah guna meningkatkan keamanan privasi serta untuk memangkas jumlah data yang dikumpulkan bagi pengguna.

Penggunaan beragam media sosial memang sangat membantu dalam banyak hal terutama di bidang informasi ataupun berkomunikasi. Meski demikian, sebaiknya Cakap People hindari menyimpan data penting ataupun privasi pada media tersebut sebagai langkah melindungi diri dari tindak kejahatan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Karier Freelance Kamu Bisa Hancur Karena 3 Kebiasaan Ini, Sebaiknya Hindari!

James Bond Bakal Pakai Mobil Listrik di Film Terbaru, Ini Penampakannya!