in ,

Warren Buffett Mampu Beli Perusahaan Tesla, Starbucks, atau McDonalds Secara Tunai di Tengah Situasi COVID-19

Konglomerat investor terkenal itu sesumbar bahwa memiliki 125 miliar dolar AS dalam bentuk tunai, setara kas, dan investasi jangka pendek dalam Treasury AS pada akhir Desember.

CakapCakapCakap People! Berkshire Hathaway milik Warren Buffett disebutkan mampu membeli hampir semua perusahaan publik Amerika Serikat setelah kekhawatiran virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 ini menghancurkan kapitalisasi pasar mereka dalam beberapa minggu terakhir.

Melansir Business Insider, konglomerat investor terkenal itu sesumbar bahwa memiliki 125 miliar dolar AS dalam bentuk tunai, setara kas, dan investasi jangka pendek dalam Treasury AS pada akhir Desember. 

Warren Buffett. [Foto: Adam Jeffery / CNBC]

Dengan asumsi angka itu tidak berubah, dan melihat murni kapitalisasi pasar — mengabaikan apakah pembelian akan layak, masuk akal, atau bahkan legal — dengan besaran uang tersebut, Berkshire diklaim bisa membeli lebih dari satu dari 450 perusahaan di S&P 500, lebih dari 80 perusahaan di Nasdaq 100, dan 11 perusahaan di Dow 30 tanpa membutuhkan pinjaman, pada penutupan perdagangan 27 Maret 2020.

Misalnya, Berkshire mampu membeli McDonald’s (125 miliar dolar AS) atau PayPal (118 miliar dolar AS) di S&P 500. Di Dow 30, dia bisa mengambil Boeing (102 miliar dolar AS), IBM (100 miliar dolar AS), atau Goldman Sachs (57 miliar dolar AS) tanpa meniup anggarannya. Di Nasdaq 100, baik Tesla (97 miliar dolar AS) maupun Starbucks (82 miliar dolar AS) tidak akan merusak bank.

Benar, Buffett menghargai keamanan finansial dan telah berjanji untuk tidak pernah menguras tumpukan uang Berkshire.

“Kami menganggap sebagian simpanan itu tidak tersentuh, setelah berjanji untuk selalu memegang setidaknya setara  20 miliar dolar AS dalam bentuk tunai untuk menjaga terhadap bencana eksternal,” katanya dalam suratnya tahun 2018 kepada para pemegang saham.

Selain itu, pemegang saham perusahaan di blok lelang biasanya meminta premi untuk kapitalisasi pasar saat ini untuk mencerminkan potensi pendapatan di masa depan.

Ilustrasi mata uang dolar AS. [Foto: Pixabay]

Dengan asumsi Berkshire tidak akan menghabiskan lebih dari 105 miliar dolar AS secara total, dan harus membayar premi 20%, jumlah tunai itu masih mampu membayar titan industri 3M (78 miliar dolar AS), T-Mobile US (73 miliar dolar AS), United Parcel Service (86 miliar dolar AS), atau General Electric (71 miliar dolar AS). Bahkan bisa membeli Target (48 miliar dolar AS) dan memiliki sisa uang yang cukup untuk membeli General Motors (32 miliar dolar AS).

Sebagai investor yang berhati-hati, Buffett pasti akan menolak banyak bisnis ini. Namun, rakit kemungkinan akuisisi dalam kisaran harganya menyoroti skala aksi jual baru-baru ini dan potensi kaya dari tumpukan uang besar Berkshire.

Buffett sedang mengejar “akuisisi seukuran gajah,” dan pilihan gajahnya telah tumbuh secara substansial.

Berikut adalah bagan yang menunjukkan bagaimana beberapa perusahaan blue-chip jatuh ke dalam kisaran atau taksiran harga Buffett:

Business Insider

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

COVID-19: Tak Pakai Masker Adalah “Kesalahan Besar,” Kata Ilmuwan China

Dalgona Coffee Cocok Jadi Teman di Rumah Saja, Berikut Resep dan Cara Membuatnya