in ,

Wajib Tahu! Tenis dan Bulutangkis Ternyata Bisa Buat Umur Panjang

CakapCakap – Berbagai jenis olahraga bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Setidaknya, Cakap People pun harus berolahraga dengan rutin dan melakukannya secara konsisten. Dengan begitu, beragam manfaat dari olahraga bisa didapatkan secara maksimal, mulai dari niat untuk membentuk otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tulang agar tetap kuat, membantu menghilangkan stres, hingga memperpanjang umur demi peluang hidup yang lebih lama.

Penelitian menemuakan fakta bahwa olahraga tenis bisa memperpanjang umur seseorang hingga 9,7 tahun. Via sukalive.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Mayo Clinic Proceedings di laman Republika.co.id, ada beberapa jenis olahraga yang memang bisa meningkatkan peluang umur dan hidup lebih panjang. Di antaranya. Terutama jenis olahraga sosial seperti tenis dan bulutangkis yang diketahui punya potensi untuk menambah umur seseorang. Penelitian itu pun menemukan fakta bahwa olahraga tenis dapat membantu memperpanjang umur hingga 9,7 tahun, sedang bulutangkis bisa menambah 6,2 tahun.

Peneliti menduga bahwa komponen sosial dalam olahraga seperti tenis dan bulutangkis memainkan peran penting dalam kemampuan mereka untuk melindungi kesehatan seseorang hingga mencapai jangka panjang. Beberapa olahraga lainnya yang diyakini juga dapat membantu untuk menambah umur seseorang adalah sepakbola yang bisa memperpanjang umur hingga 5 tahun dan bersepeda hingga 3,7 tahun serta disusul berlari hingga 3,2 tahun. Semua olahraga ini biasa dilakukan siapapun.

Selain olahraga tenis, berolahraga bulutangkis juga bisa membantu memperpanjang umur seseorang hingga 6,2 tahun. Via kricom.id

Sementara, menurut sebuah penelitian di Rumah Sakit St Paul di Vancouver, Kanada yang dilaporkan oleh laman Detik.com, waktu minimum berolahraga untuk meningkatkan umur panjang dan awet muda adalah sekitar 150 menit per minggu. “Hasilnya sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu memiliki setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang per minggu bisa memperbaiki kebugaran dan menurunkan risiko kematian,” ujar penelitinya, Scott Lear.

Menariknya, peneliti malah menyebutkan jenis olahraganya tidak harus yang punya kesulitan tinggi atau yang membutuhkan biaya besar, melainkan hanya latihan dan kegiatan sederhana. “Aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan bisa sama baiknya dengan menghabiskan satu jam berkebun atau memotong rumput,” pungkas sang penelit. Nah, dari sekarang, ayo mulai berolahraga Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Dapatkan Tubuh Berotot dengan Olahraga Ini 30 Menit Sehari

Split, Fitur Terbaru Instagram Untuk Membagi Story Jadi Segmen