in ,

Wajib Tahu! Makanan dengan Vitamin D Bisa Bantu Atasi Kanker

Konsumsi vitamin D menurunkan 13% kematian pasien kanker

CakapCakap – Kanker menjadi salah satu penyakit tak menular paling mematikan di seluruh dunia saat ini. Cakap People pun pastinya tahu bahwa ada banyak orang yang meninggal karena menderita berbagai jenis penyakit kanker. Belum banyak ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun, sebuah penelitian anyar menunjukkan fakta terbaru bahwa pasien kanker kemungkinan bisa bertahan hidup lebih lama dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Suplemen vitamin D yang dikonsumsi stabil selama kurun waktu 3 tahun dapat membantu pasien kanker hidup lebih lama. Via hellosehat.com

Penelitian tentang beberapa manfaat vitamin D pada penyakit kanker itu dilakukan seorang dokter asal Lebanon, dr Tarek Haykal di Amerika Serikat. “Vitamin D memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan risiko kematian di antara mereka yang menderita kanker. Tetapi sayangnya penelitian ini tidak menunjukkan bukti bahwa itu bisa melindungi terhadap kanker,” ungkap Haykal seperti yang dimuat di laman Okezone.com. Dia dan tim melakukan studi meta-analisis pada 79 ribu pasien.

Penelitian itu menunjukkan bahwa suplemen vitamin D yang dikonsumsi stabil selama kurun waktu setidaknya 3 tahun dapat membantu pasien kanker hidup lebih lama. Hasilnya, konsumsi vitamin D berhasil menurunkan hampir 13 persen kematian pasien kanker. Para peneliti ini menyebut manfaat vitamin D untuk mencegah kematian akibat kanker. Selain itu, mereka juga menemukan adanya penurunan kematian akibat kanker untuk pasien yang mengonsumsi vitamin D dibandingkan tidak.

Vitamin D untuk mengatasi kanker tidak hanya bersumber dari makanan, tapi juga bisa berasal dari paparan sinar matahari. Via hellosehat.com

Haykal memaparkan vitamin D untuk mengatasi kanker tidak bersumber dari makanan seperti ikan, jamur dan kuning telur, tetapi juga bisa berasal dari paparan sinar matahari. Menurutnya, sekarang ini vitamin D ditanggapi lebih serius untuk menangani kanker. Selama ini, perhatian global tidak pernah melirik vitamin D. Tapi sekarang, harus lebih banyak belajar bahwa vitamin D penting bagi kesehatan tulang atau kesehatan lain. Suplemen vitamin D pun telah dipelajari untuk pencegahaan utama berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, osteoporosis, diabetes, dan juga kanker.

“Poin yang kami coba dapatkan adalah untuk melihat apa vitamin D memiliki manfaat untuk pasien kanker, terutama dalam pencegahan primer. Kami pun memiliki lebih banyak bukti bahwa vitamin D punya banyak manfaat, dan kami mendorong pasien dan orang-orangumumnya untuk memastikan mereka mempertahankan kadar vitamin D yang baik,” jelas Haykal dalam publikasi penelitiannya. Nah, Cakap People juga harus mengonsumsi banyak vitamin D nih!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Elon Musk Berencana Memberikan Wifi Gratis Ke Seluruh Bumi dengan 4425 Satelit

Luar Biasa! Pengusaha Indonesia Ini Beli Properti Milik Donald Trump Seharga Hampir Rp 200 M