in ,

Wajib Tahu! Jalan Mundur Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat

CakapCakap – Setiap manusia tentu memiliki daya ingat yang berbeda. Cakap People pun pastinya tahu bahwa daya ingat setiap orang pun akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Orang-orang yang sudah berusia lanjut memang akan cenderung jadi lebih pelupa. Namun, tentunya masih ada cara untuk bisa meningkatkan kinerja otak agar mendorong daya ingat. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari berolahraga hingga mengonsumsi vitamin. Namun ada satu cara paling mudah.

Orang yang berjalan mundur memiliki kinerja lebih baik dalam tes memori. Via klikdokter.com

Sebuah studi terbaru mencatat bahwa orang yang berjalan mundur memiliki kinerja lebih baik dalam tes memori dibandingkan dengan mereka yang berdiri diam atau berjalan maju, seperti dilaporkan oleh laman Okezone.com. Dalam penelitian itu, para ahli dari Universitas Roehampton meminta 114 relawan untuk melihat video, dan menjawab kuesioner tentang apa yang mereka ingat. Setelah itu, peserta dibagi jadi beberapa kelompok. Satu kelompok berisi orang yang berjalan maju, sedangkan beberapa jalan mundur sekitar 10 meter. Sementara kelompok lainnya hanya berdiri di satu tempat.

Mereka diberi 20 pertanyaan tentang video sebelumnya. Hasilnya terungkap bahwa kelompok yang berjalan mundur memiliki dua jawaban benar lebih banyak dibanding mereka yang berjalan maju dan yang hanya diam saja. Salah satu kelompok memiliki prosedur serupa, tetapi menguji berapa banyak kata yang dapat diingat oleh para relawan. Menurut laporan, orang-orang dengan tingkat kortisol lebih tinggi, yang merupakan hormon terkait dengan stres, berperilaku lebih buruk dalam ingatan dan tugas-tugas kognitif lain dibanding yang berusia sama dengan tingkat kortisol rata-rata.

Gerakan mundur baik nyata ataupun imajinatif dapat meningkatkan akses ingatan pada manusia. Via alimustikasari.com

Para peserta pun hanya membayangkan bergerak maju atau mundur, atau menonton video yang difilmkan dalam kereta api dan memberikan kesan bergerak maju atau mundur. Secara keseluruhan, kelompok yang terbelakang atau orang-orang yang membayangkan berjalan mundur mendapatkan jawaban yang paling benar. Peneliti lainnya, Dr Aksentijevic mengatakan memang masih belum jelas mengapa gerakan, baik nyata ataupun imajinatif, dapat meningkatkan akses ingatan pada manusia.

Makanya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan bagaimana menggunakan metode untuk keuntungan tersebut. Dengan demikian, cara ini tentu akan dapat berguna dalam membantu orang menghafal sesuatu dan meningkatkan daya ingatnya. Cakap People mau coba?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ada-Ada Saja! Izin Praktik Dokter Cantik Ini Dicabut Karena Foto Seksi di Instagram

Kita Cenderung Menjalin Hubungan dengan Tipe Pasangan yang Sama dan Berulang, Hasil Studi!