in ,

Penting! Berjalan Kaki Dua Kali Seminggu Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung

CakapCakap – Banyak orang yang menganggap sepele aktivitas fisik sederhana seperti berjalan kaki. Padahal, aktivitas tersebut sudha termasuk berolahraga secara ringan yang cukup mudah dilakukan, namun tetap mampu memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Menariknya, manfaat berjalan kaki ternyata tidak hanya itu saja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki sekali atau dua kali seminggu bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga kanker.

Berjalan kaki sekali atau dua kali seminggu bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga kanker. Via grid.id

Berdasarkan penelitian terhadap sekitar 90 ribu partisipan yang dipublikasikan pada British Journal of Sports Medicine, diketahui bahwa orang-orang yang berjalan, atau pun berkebun antara 10 menit hingga satu jam setiap pekan memiliki risiko kematian lebih rendah 18 persen dibandingkan mereka yang berdiam diri, seperti dilaporkan oleh laman Merdeka.com. Bahkan, bisa pula menurunkan risiko hingga 31 persen jika melakukan kegiatan itu selama 2,5-5 jam setiap pekan. Sedang jika melakukan tidak kurang dari 25 jam selama sepekan, maka risikonya bisa menurun hingga hampir 50 persen.

Namun, tentu tidak semua orang memiliki waktu luang sebanyak itu. Oleh karena itu, kegiatan yang lebih memompa jantung seperti bersepeda, berlari, atau olahraga lain juga bisa menjadi gantinya dalam jangka waktu pendek. “(Olahraga) ini lebih efisien secara waktu dibanding aktivitas dengan intensitas menengah,” ungkap peneliti. Namun sayangnya, pada penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, tidak ada perbedaan antara melakukan aktivitas ini baik antara 5 ataupun 25 jam.

Berkebun selama 10 menit hingga satu jam setiap pekan memiliki risiko kematian lebih rendah 18 persen. Via klikdokter.com

Dr Aseem Malhotra dari Rumah Sakit Lister di Stevenage, Inggris, menyebutkan bahwa dengan rutin berjalan kaki, maka kadar lemak di dalam tubuh akan semakin menurun, seperti dimuat pada laman DokterSehat.com. Tak hanya itu, sel-sel jahat yang bisa memicu serangan jantung juga bisa dilawan dengan lebih baik. Peredaran darah di dalam tubuh juga akan menjadi semakin lancar, dan hal ini tentu saja bisa membuat jantung semakin sehat, dibandingkan jika hanya lebih banyak berdiam diri.

Dalam penelitian lain disebutkan bahwa, bahkan hanya berjalan kaki atau berlari secara rutin dalam 22 menit saja setiap harinya bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen. Tidak hanya penyakit jantung, rutin melakukan olahraga ini diyakini juga bisa mencegah penyakit lainnya, seperti kanker, stroke, diabetes, dan obesitas. Nah, mulai sekarang jalan malas jalan kaki ya, Cakap People!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow! NASA Berhasil Uji Coba Helikopter Terbang ke Planet Mars

Duh! Sony Mobile Bakal PHK 50% Karyawan, Benarkah Karena Merugi?