in

Ternyata Sunscreen Juga Bisa Bikin Alergi, Ini Gejalanya!

CakapCakap – Menjaga penampilan merupakan salah satu kewajiban yang seolah menjadi keharusan bagi mayoritas orang. Salah satu upaya untuk menjaga penampilan ialah dengan menggunakan beberapa produk kecantikan. Sunscreen atau tabir surya merupakan produk kecantikan yang sebaiknya kamu gunakan. Sebab ia bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Kendati demikian, kamu harus memilih penggunaan sunscreen dengan tepat. Sebab jika salah pilih maka kandungan bahan kimia yang ada pada tabir surya bisa menimbulkan alergi. Hal ini dikarenakan masing-masing kulit orang mempunyai tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu wajib mempelajari gejala-gejala alergi pemakaian sunscreenberikut!

1. Gejala-gejala

Alami alergi di kulit wajah via Grid.id

Beda orang maka akan tak serupa pula alergi yang dialami. Kemungkinan beberapa orang bisa langsung muncul alergi ketika usai mengenakan tabir surya. Sedangkan ada beberapa orang lain yang baru muncul reaksi usai menggunakan selama bertahun-tahun lamanya. Tetapi secara umum berikut alergi sunscreen yang perlu kamu waspadai: adanya pembengkakan di kulit, muncul ruam berwarna kemerahan, rasa nyeri disertai gatal pada kulit hingga melepuh berisi cairan di kulit. Selain itu, ada pula yang baru mengalami gejala alergi ketika usai mengoleskan sunscreen kemudian kulit terpapar oleh sinar matahari. Jika kamu mengalami alergi yang satu ini maka dalam dunia medis disebut dengan dermatitis kontak foto alergi.

2. Tips redakan alergi

Kunjungi dokter kulit via Hellosehat.com

Sebenarnya kamu bisa meredakan gejala alergi sunscreen dengan menghentikan pemakaian tabir surya apabila tanda-tandanya seperti di atas. Jika dalam kasus ringan maka ruam kemerahan pada kulit dapat reda sendiri tanpa diperlukan perawatan khusus. Namun jika dalam kasus berat maka kamu memerlukan obat steroid oles ataupun oral guna meminimalisir efek peradangan dan reaksi lain. Selain itu, obat antihistamin oraljuga bisa digunakan untuk mengurangi gejala alergi maupun rasa gatal. Tetapi sebelum menggunakan obat-obatan tersebut akan lebih baik bila kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Nah, sebaiknya Cakap People jangan ceroboh ya dalam menggunakan produk tabir surya. Sebab bisa memicu alergi di kulit. Apabila muncul reaksi alergi kamu bisa langsung pergi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang intensif. Agaknya cara tersebut lebih baik ya dibanding menerka-nerka apakah termasuk alergi ringan atau berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingin Usia Panjang Umur? Berikut Prinsip Hidup yang Harus Kamu Jalani!

Wow! ‘Wonderful Indonesia’ Raih Penghargaan di World Travel Lifestyle Expo 2019