in ,

Ternyata Keloid Dapat Muncul Tiba-tiba loh, Kenali Penyebabnya Berikut Ini!

Penyebab keloid muncul secara tiba-tiba tanpa ada bekas luka

CakapCakap – Apa Cakap People bisa menebak apa itu keloid? Ia merupakan bekas luka yang dapat tumbuh dengan berlebih. Alhasil terlihat lebih tampak daripada permukaan kulit yang ada di sekelilingnya. Umumnya jaringan keloid tersebut dapat muncul usai kulit sembuh dari luka, namun ada juga loh keloid yang muncul dengan tiba-tiba.

Tentu saja keloid cukup mengganggu penampilan lantaran adanya bentuk kulit yang menebal dengan warna yang cukup berbeda. Lalu, apa penyebab keloid muncul secara tiba-tiba? Ini dia beberapa keadaan yang berhubungan dengan munculnya keloid yang tiba-tiba!

1. Rubinstein-Taybi syndrome

Biasanya muncul karena ada bekas luka via Womantalk.com

Munculnya jaringan keloid secara tiba-tiba tidak dapat kamu abaikan begitu saja. Sebab ia dapat dihubungkan dengan adanya penyakit genetik tertentu. Rubinstein-Taybi syndrome merupakan salah satu penyakit genetik yang memiliki tanda berupa postur tubuh yang pendek, bentuk ibu jari yang lebar serta terdapat gangguan pada kecerdasan. Keloid yang tiba-tiba muncul pada pasien Rubinstein-Taybi syndrome kemungkinan ialah tumor. Maka dari itu, jika muncul keloid tiba-tiba tanpa adanya bekas luka kamu wajib memeriksakan diri ke dokter.

2. Bethlem myopathy

Otot kaki jadi lemah via Hellosehat.com

Berikut merupakan salah satu penyakit genetik yang cukup langka, di mana dapat menyerang jaringan ikat serta otot rangka. Penyakit yang berikut bisa menjadikan bagian sendi dan otot pasiennya jadi lemah. Alhasil memerlukan bantuan dari alat gerak untuk dapat bergerak. Ciri utama dari penyakit tersebut ialah lemahnya otot bagian kaki atas dan otot lengan, terbentuknya keloid dan adanya produksi keratin di folikel rambut secara berlebih.

3. Dubowitz syndrome

Ditandai dengan masalah kulit via Hellosehat.com

Penyakit ini memiliki gejala-gejala yang juga agak langka. Di mana pasiennya akan memiliki ukuran kepala yang agak kecil, punya pertumbuhan yang terbilang terhambat, adanya gangguan mental ringan hingga timbul masalah kulit, umumnya eksim. Tetapi tak menutup kemungkinan pula jika akan muncul keloid dengan tiba-tiba. Keadaan ini memerlukan pengobatan dari dokter spesialis kulit.

Sudah tahu bukan Cakap People kondisi apa saja yang memungkinkan jaringan keloid muncul secara tiba-tiba? Itu dia yang perlu kamu waspadai. Apabila ada keloid muncul tanpa adanya bekas luka, maka akan lebih baik jika kamu berkonsultasi pada ahlinya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sudah Putus Namun Mantan Masih Menghubungi? Ini Sebabnya!

Di Lautan Inggris, Ada Ubur-Ubur Sebesar Tubuh Manusia!