in ,

Mengenal Gorham-Stout, Penyakit Misterius “Pemakan” Tulang

CakapCakap – Meski terbilang ilmu kedokteran saat ini sudah semakin canggih, tapi masih banyak misteri tentang penyakit dan dunia medis yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah penyakit misterius yang membuat tulang penderitanya menghilang di Skotlandia. Cakap People perlu tahu untuk mengantisipasi hal serupa terjadi pada kita.

Seorang wanita berusia 44 tahun yang tak disebutkan namanya ini awalnya merasakan sakit di bahu kiri lalu mengunjungi dokter untuk melakukan beberapa pemeriksaan. Namun anggapan awal dari dokter bahwa apa yang diderita wanita ini adalah kanker ternyata tidak terbukti

Rasa sakit di bahu kiri ini dirasakan selama satu setengah tahun disertai dengan bengkak dan munculnya benjolan kecil di bagian bahu yang semakin parah. Baru setelah 18 bulan berlalu, dokter memberikan hasil diagnosis dan menyebutkan bahwa tulang humerus dan ulnar wanita tersebut semakin berkurang dan melemah.

Tes yang dilakukan juga menginformasikan bahwa tulang-tuang di bagian bahu tersebut menghilang, namun pembuluh darah mengalami pertumbuhan menggantikan jaringan tulang yang hilang di bagian yang sama. Apa yang dialami oleh wanita ini terbilang cukup langka dan sejak tahun 1838, baru ada 64 kasus yang dilaporkan.

Penyakit misterius pemakan tulang via https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180905133548-255-327830/penyakit-langka-yang-perlahan-melenyapkan-tulang

Menurut Dokter di Royal Infirmary of Edinburgh di Skotlandia, penyakit tersebut dikenal dengan istilah Gorham-Stout. Kondisi yang umum diderita Gorham-Stout ini adalah hilangnya tulang secara bertahap di bagian tubuh tertentu. Laman Rare Disease, Gorham-Stout Disease (GSD) ini lebih dikenal sebagai gangguan tulang langkah yang ditandai dengan hilangnya tulang progresif (Osteolisis) serta mengalami pertumbuhan pembuluh limfatik berlebih.

Gorham-stout disease via https://content.iospress.com/articles/translational-science-of-rare-diseases/trd010

Orang yang terkenan penyakit ini akan mengalami kehancuran pada tulangnya yang pada kebanyakan kasus yang tercatat mengincar tulang rusuk, tulang belakang, tulang panggul, tulang tengkorak, tulang selangkangan, dan tulang rahang. Gorham-Stout Disease ini menyebabkan kerusakan dan cacat fungsional pada area yang terserang.

Sayangnya hingga saat ini dunia medis yang canggih sekalipun belum mampu mendeteksi penyebab pasti penyakit Gorham-Stout ini. Ahli medis pun belum bisa menemukan cara untuk menyembuhkan penyakit misterius ini secara efektif. Sebuah pengetahuan baru bagi Cakap People untuk selalu memelihara kesehatan tubuh dengan baik ya. [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Tahu, Manfaat Liburan yang Tak Diketahui Orang!

Keren! Pengamen di London Terima Sumbangan Non Tunai