Olahraga secara berlebihan ternyata dapat memberikan efek negatif, salah satunya membuat alat kelamin jadi menyusut. Via detik.com
in ,

Ternyata Ada Efek Negatif Berolahraga, Termasuk Alat Kelamin Bisa Menyusut Lho!

CakapCakap – Selama ini olahraga dikenal mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Makanya, Cakap People pasti selalu membuat jadwal berolahraga secara rutin dan teratur. Namun, tak banyak diketahui oleh orang, ternyata berolahraga juga memiliki efek negatif bagi tubuh manusia, apalagi jika dilakukan dengan terlalu berlebihan, atau mungkin secara sembarangan tidak sesuai aturan main. Bahkan, olahraga secara berlebihan bisa membuat alat kelamin menyusut lho!

Olahraga secara berlebihan ternyata dapat memberikan efek negatif, salah satunya membuat alat kelamin jadi menyusut. Via detik.com

Salah satu efek negatif dari berolahraga memang dapat membuat alat kelamin menjadi menyusut, seperti dijelaskan dalam laman Fimela.com. Fakta ini pun memang terdengar mengejutkan. Namun, latihan yang berlebihan memang bisa memberikan efek samping pada alat kelamin, terutama pada testis kaum pria. Testis akan terus mengalami penyusutan seiring dengan bertambahnya massa tubuh dan otot yang semakin membesar ketika seorang pria melakukan latihan kekuatan otot.

Testis pria sendiri dalam kondisi lemas memiliki panjang rata-rata sekitar 9,1 cm dan ketebalan 9,4 cm, seperti dimuat dalam laman Suara.com. Ketika dalam keadaan ereksi, maka testis pria pun akan memanjang hingga rata-rata sekitar 13,2 cm dengan ketebalan 11,7 cm. Nah, selain membesar testis pria memang bisa mengecil atau menyusut. Penyebabnya pun beragam, bukan hanya saja berkaitan dengan usia. Salah satunya penyebabnya adalah olahraga, di mana dapat menyusutkan testis pria.

Menyusutnya alat kelamin pria karena berolahraga ada hubungannya dengan aliran darah. Via detik.com

“Itu semua ada hubungannya dengan aliran darah. Saat berolahraga, tubuh mengirim darah ke otot dan persendian, sehingga mengurangi jumlah ke testis dan skrotum,” ungkap kepala petugas medis di Your Doctos Online, Dr Richard Honaker. Namun, efek menyusut dalam kasus ini disebutkan hanya bersifat sementara. Sebaliknya, jika malas berolahraga secara rutin dan teratur, serta mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi steroid, maka malah lebih berisiko mengalami penyusutan testis.

Obat-obatan sendiri bisa menyebabkan lonjakan testosteron dan menganggu keseimbangan kadar hormon tubuh. Akibatnya, tubuh mematikan produksi alami testosteron, yang menyebabkan testis menyusut. Salah satu efek samping utama lainnya dari penggunaan steroid adalah disfungsi ereksi. Oleh karena itu, maka hentikan konsumsi steroid, dan testis akan kembali ke ukuran sebelumnya. Nah, Cakap People para pria perlu memperhatikan ini lho!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Google Hapus 50 Aplikasi Jahat dari Android, Sebagian Populer di Indonesia

Mau Olahraga Sepulang Kerja? Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini!