in ,

Ini Tips Atasi Cedera Saat Berolahraga dari Pemijat Khusus Atlet Indonesia

CakapCakap – Cedera ketika menjalani olahraga bisa terjadi pada siapa saja. Cakap People mungkin juga pernah mengalami cedera saat berolahraga. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadi cedera. Misalnya, karena faktor internal, seperti tidak melakukan pemanasan atau tidak berlatih dulu ketika melakukan gerakan-gerakan ekstrem. Selain itu, bisa pula karena faktor eksternal, seperti kesalahan dalam pemilihan sepatu. Namun, semua hal tersebut sebenarnya bisa dicegah dan diatasi.

Cedera otot saat berolahraga bisa terjadi kapan saja, namun bisa pula dicegah dan diatasi. Via sukabumiupdate.com

Pemijat khusus atlet Indonesia, Sugiat pun berbagi tips untuk mencegah dan mengatasi cedera otot saat berolahraga, seperti dimuat dalam laman BeritaSatu.com. Menurutnya, hal pertama yang tidak boleh lupa dilakukan adalah pemanasan, peregangan dan pendinginan otot, tentu dengan teknik dan urutan yang benar setiap kali olahraga. Sementara bagi pekerja kantoran yang lebih banyak duduk sehingga mengalami cedera otot, dapat melakukan teknik peregangan otot sederhana 5-10 menit.

Kemudian, usahakan pula untuk rutin melakukan sport massage. Dalam hal ini, selalu berkonsultasi dengan terapis untuk menentukan fokus serta frekuensi sport massage, mengingat kondisi setiap orang berbeda. Juga pastikan memilih terapis yang paham anatomi otot dan mengerti tekniknya. “Sport massage fokus pada tiga hal. Pertama, yang dilakukan satu jam sebelum aktivitas olahraga untuk mempersiapkan otot menjadi lentur dan mencegah cedera. Kedua, sehabis olahraga atau setelah atlet bertanding, fokusnya relaksasi otot. Ketiga, untuk mengatasi masalah atau cedera otot, mulai dari sakit pinggang, sakit punggung, terkilir hingga saraf kejepit,” ungkap Sugiat menjelaskan.

Pemijat khusus atlet Indonesia, Sugiat memiliki tips untuk mencegah dan mengatasi cedera otot saat berolahraga. Via liputan6.com

Sugiat juga mengingatkan, ketika terjadi cedera atau masalah otot, pertama kali kompres lebih dulu dengan es, atau rendam bagian yang cedera dalam air es, dan hindari memberi tekanan pada otot yang cedera. Jangan pernah mengompres dengan air panas karena bisa menyebabkan cedera makin memburuk. Pastikan cedera ditangani spesialis kedokteran olahraga atau sport massage profesional.

Sugiat sendiri sudah lebih 30 tahun memijat ratusan atlet nasional dari berbagai cabang olahraga, mulai dari bulutangkis, basket, dan golf. Marcus ‘Minions’ Fernaldi Gideon, Greysia Polii, Hendra Setiawan, Yayuk Basuki, serta Ricky Subagdja dan Rexy Mainaky pernah merasakan pijatan Sugiat. Nah, Cakap People perlu memperhatikan tips-tips dari Sugiat ini ketika berolahraga ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Layani Perjalanan Haji, Garuda dan Saudi Airlines Menjalin Kerjasama

Malaysia Berburu Tenaga Kerja dari Sulsel, Mengapa?