in ,

Tak Menunggu Jalan Rusak, Begini Cara Efektif Perbaiki Aspal yang Patut Dicontoh!

CakapCakap – Jalanan yang rusak memang sering membuat pengendara jengkel, benar begitu kan Cakap People? Karena bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat berada di jalan, namun juga beresiko memperbesar terjadinya kecelakaan. Sebelum rusak, jalanan biasanya dalam kondisi mulus lalu diawali dengan munculnya retakan kecil yang kemudian dibiarkan dan menjadi rusak parah.

Sebelum terlambat, sebenarnya ada langkah yang bisa dilakukan agar kerusakan jalan bisa ditunda. Retakan di jalan bisa membuat air serta partikel-partikel masuk ke dalam retakan tersebut. Jika dibiarkan, maka lambat laun bisa membuat kondisi jalan semakin parah dan tidak nyaman untuk dibuat berkendara.

Breakdown. Gambar oleh stux pada Pixabay

Inilah kenapa, sebelum kerusakan semakin melebar, aspal tersebut perlu ditambal dengan teknologi sederhana seperti halnya teknologi yang muncul dalam video berikut ini. Dalam video ini terlihat adanya pemberian perekat pada celah aspal untuk mencegah masuknya air serta ragam partikel kecil yang bisa merusak aspal.

Dengan teknologi tersebut, maka tidak perlu menunggu jalannya menjadi rusak lalu baru diperbaiki secara besar-besaran. Daripada keluar banyak biaya serta usaha, penggunaan teknologi ini tentunya bisa ditiru untuk memperbaiki jalanan rusak yang ada di Indonesia.

Jalanan yang rusak sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor dan bukan hanya karena dilewati oleh truk bermuatan berat saja. Adapun salah satunya adalah karena tergerus oleh air, baik dari air hujan ataupun air yang berasal dari saluran-saluran pengairan di sekitar jalan. Jalanan juga akan mengalami kerusakan secara lebih cepat jika kondisinya basah dan lembab.

Asphalt Cracks

Keep your roads smooth. 🚧

Posted by Cheddar Gadgets on Friday, February 8, 2019

Agar jalanan tidak mudah rusak dan pastinya bisa digunakan untuk berkendara dengan nyaman, maka pengguna jalan sebaiknya tidak mengendarai kendaraan melebihi batas beban maksimum. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuang sampah secara sembarangan lantaran bisa menyebabkan banjir dan air akan memenuhi jalan.

Dibutuhkan kerjasama dari masyarakat terlebih para pengendara agar menggunakan jalanan secara lebih bijak. Karena jika jalanan rusak dan belum juga dibenahi maka masyarakat serta pengguna jalanlah yang akan menerima dampak dari rusaknya jalanan tersebut.

Nah Cakap People pastinya setuju bukan dengan cara perbaikan jalan yang dilakukan saat masih dalam keadaan retak? Tentunya ini lebih mudah dan tak menunggu kondisi rusak lebih parah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tampil Stylish Dengan Pemilihan Model dan Warna Kaus Kaki yang Tepat

Bersiaplah! ‘A Star Is Born’ Versi Panjang Bakal Rilis di Bioskop