in

Tak Hanya Menakjubkan Mata, 5 Fenomena Alam Ini Juga Bikin Merinding

CakapCakap – Cakap People, di dunia ini banyak sekali fenomena aneh yang terkadang di luar akal manusia. Bahkan diantaranya tak pernah terbersit sedikit pun dalam bayangan manusia bahwa rentetan fenomena aneh tersebut benar-benar ada.  Meskipun demikian, fenomena tersebut memiliki sisi yang menakjubkan, membuat orang-orang lantas percaya bahwa Bumi memiliki misteri.

Tak hanya menakjubkan, fenomena alam yang terjadi terkadang juga  namun tak jarang juga ada menyeramkan, bahkan bisa dibilang membahayakan kehidupan makhluk hidup di sekitarnya. Seperti yang dikutip dari situs Brightside, inilah 5 fenomena aneh yang pernah terjadi di muka Bumi.

1. Mata Raksasa di Sahara

Mata Sahara via Fancyfrindle.com

Disebut juga Richat Structure, “The Eye of Sahara”fenomena ini terlihat bagaikan mata raksasa. The Eye of Sahara muncul di Sahara, dekat Ouadane, Mauritania barat-tengah.

Setelah dilakukan penelitian, “The Eye of Sahara” yang memiliki berdiameter 40 km ini, strukturnya seperti kubah (dome) yang terkikis. Awalnya fenomena ini ditafsir karena dampak asteroid, namun ahli geologi menyimpulkan, “The Eye of Sahara” terbentuk akibat proses geologis. Sedangkan pusat kubah terdiri dari breksi silica

2. Gunung Pelangi di China

Gunung pelangi di China via Dictio.id

The Rainbow Mountains atau Pegunungan Pelangi diklaim lukisan alam tercantik didunia. Terletak di Zhangye National Geopark, provinsi Zhangye Danxia, China, pemandangannya benar-benar menakjubkan. Zhangye Danxia dikenal karena warna batu yang halus, tajam dan menjulang hingga ratusan meter.

3. Air Terjun Darah di Antartika

Air terjun darah di Antartika via Merinding.com

Banyak yang berpendapat Antartika merupakan pusat dari kejadian misterius. Ditemukan tahun 1911 oleh ahli geologi Australia, Griffith Taylor, warna merah Blood Falls atau Air Terjun Darah berasal dari besi yang teroksidasi di air laut. Besi berubah menjadi merah ketika memiliki kontak dengan oksigen di udara.

4. Api Biru Kawah Ijen di Indonesia

Api biru Kawah Ijen via Traviamgz.com

Kawah Ijen merupakan danau kawah bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen. Berada diatas tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl), kedalaman danau 200 meterserta luas kawah mencapai 5.466 hektar.

Danau kawah Ijen tercatat sebagai danau air asam terbesar di dunia.  Setiap dini hari, atau sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah bisa dijumpai fenomena blue fire atau api biru (dikenal sebagai api abadi), yang menjadi ciri khas Kawah Ijen. Didunia ini hanya ada dua di dunia, yaitu Islandia dan Ijen

5. Air Terjun Bawah Laut di Mauritius

Air terjun bawah laut di Mauritius via Liputan6.com

Di ujung pulau Mauritius tepatnya di barat daya, ada fenomena ilusi optik yang sangat mengagumkan. Jika dilihat dari atas, nampak seperti ada pusaran bawah laut yang muncul di pesisir pantai. Pola air terjun ini karena ombak yang menerjang pasir pantai, akibatnya pasir-pasir tersebut membentuk alur serta garis yang menyerupai curahan air terjun.

Begitu menakjubkan bukan Cakap People deretan fenomena tersebut? Apalagi salah satunya ada di tanah air tercinta. Ngomong-ngomong kamu sudah pernah ke Kawah Ijen belum nih?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wajib Tahu! Olahraga 10 Menit Saja Ternyata Bisa Buat Bahagia

Siap-Siap! Dalam 45 Tahun Kecerdasan Buatan Bisa Gantikan Peran Manusia