in ,

Tak Ada Kata Terlambat, Ini Cara Lebih Sehat untuk Usia 60 Tahun Ke Atas!

CakapCakap – Berolahraga bisa dimulai kapan saja, asalkan memiliki niat yang lebih kuat untuk terus menjalaninya secara rutin dan teratur. Bahkan, para lansia (lanjut usia) yang sudah berusia sekitar 60 tahun ke atas pun masih bisa untuk memulai berolahraga, meski perlu cara yang berbeda dengan kaum millennial seperti para Cakap People. Memang dibutuhkan keberanian untuk mengubah gaya hidup tidak sehat ke gaya hidup sehat, terutama untuk orang-orang sudah di atas usia 60 tahunan.

Para lansia bisa melakukan aktivitas berjalan kaki selama 30 menit tiga kali dalam seminggu. Via hellosehat.com

Nah, orang-orang paruh baya dapat memulai hidup lebih sehat dengan mengikuti program Kaiser Health News (KHN), seperti yang dimuat dalam laman Republika.co.id. Beberapa di antara langkah dalam program tersebut mengajak untuk melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang lebih banyak. Misalnya, membeli sepatu olahraga berkualitas yang dirancang khusus untuk berjalan dan biasakan melakukannya selama 30 menit tiga kali dalam seminggu dan terus meningkatkannya setiap minggu. Coba pula berdiri satu kaki dengan mata tertutup selama 30 detik untuk melatih keseimbangan.

Pemilik Brilliant Aging, perusahaan konsultan untuk penuaan yang lebih sehat, Kay Van Norman pun mengatakan untuk menjaga agar otot tidak hilang, lakukan latihan resistensi dengan mengangkat barbel atau menggunakan alat berat. “Otot manusia luar biasa, tapi jika kamu tak menggunakannya, kamu akan kehilangannya,” ungkapnya. Selain itu, jangan hanya fokus untuk melatih kekuatan saja, tetapi tantang juga kecepatan. “Orang di atas usia 60 perlu olahraga yang melibatkan kecepatan dan intensitas. Makanya, olahraga seperti tenis bisa menjadi hebat seiring bertambah usia,” pungkasnya.

Olahraga lain untuk para lansia adalah latihan resistensi dengan mengangkat barbel atau menggunakan alat berat. Via do-you-know.csr.id

Menariknya, aktivitas olahraga ternyata tidak hanya bermanfaat bagi fisik manusia. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik pun bisa menurunkan kemungkinan kehilangan ingatan pada lansia, seperti dilaporkan oleh laman Fimela.com. Menurut hasil sebuah penelitian, aktivitas fisik bisa membangun senyawa biologis dalam otak yang membantu menjaga fungsi otak dari kerusakan karena penuaan.

Selain itu, mereka yang banyak melakukan aktivitas fisik lebih kecil memiliki masalah motorik dan masalah pembuluh darah. Berbanding terbalik dengan mereka yang tak berolahraga. Kebanyakan orang yang tidak berolahraga justru cenderung memiliki penyakit pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol atau mengalami masalah fisik lainnya. Makanya, ayo ajak kakek nenek Cakap People untuk memulai hidup lebih sehat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Duh! Sony Mobile Bakal PHK 50% Karyawan, Benarkah Karena Merugi?

Bikin Salut, Zodiak Ini Mudah Berteman dengan Orang Lain