in ,

Penting! Latihan Fisik untuk Kaum Lansia Bisa Turunkan Risiko Penyakit Tua

CakapCakap – Setiap orang diharapkan melakukan olahraga secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lalu, bagaimana kaum lanjut usia (lansia), misal orang tua Cakap People, yang tentu tenaganya sudah tidak sekuat ketika masih muda dulu? Ternyata para lansia pun sebaiknya juga tetap melakukan aktivitas fisik, namun tentu dengan durasi dan jenis olahraga yang berbeda. Latihan fisik lebih disarankan bagi para lansia, agar bisa menurunkan risiko penyakit tua.

Latihan fisik lebih disarankan bagi para lansia, agar bisa menurunkan risiko penyakit tua. Via ayobandung.com

Menurut Menurut Ketua Umum PERGEMI (Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia), Siti Setiati, latihan fisik dapat menurunkan penyakit terkait usia, seperti kardiovaskular, metabolik dan lainnya. “Jika sudah tidak kuat lagi aktivitas fisik yang tinggi, maka cobalah yang mudah atau sedang seperti berjalan atau berenang, selama setengah jam setiap hari atau 150 menit per minggu,” ungkap Siti seperti yang dimuat dalam laman Suara.com. Jika dirasa masih kuat, maka para lansia ini pun bisa meningkatkan ke aktivitas fisik lebih berat, seperti berlari atau senam aerobik 75 menit per minggu.

Latihan fisik sedang seperti berjalan kaki atau berenang yang dilakukan pada masa lansia ternyata bisa bermanfaat menurunkan fungsi mild cognitive impairment atau gangguan kognitif ringan akibat penuaan, yang gejalanya seperti demensia. Sedangkan latihan fisik berat duga dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori dan fungsi eksekutif. Untuk penguatan otot, lansia bisa melakukan program latihan dengan alat beban atau weight-bearing calisthenics dengan berat badan sendiri, sebanyak 8 hingga 10 latihan yang melibatkan grup otot besar tubuh selama dua hari per minggu.

Latihan fisik yang bisa dilakukan kaum lansia, di antaranya berjalan kaki atau berenang. Via orbitdigitaldaily.com

Ada banyak manfaat olahraga untuk para lansia. Misalnya, berjalan kaki pada jalur naik turun bisa akan meningkatkan intensitas dan usaha, di mana aktivitas ini akan membakar kalori, memperkuat jantung, dan memperlancar sistem pembuluh darah, menurut laman AloDokter.com. Begitu pula bersepeda dapat memperkuat bagian bawah tubuh dan meningkatkan kinerja jantung. Sedangkan berenang akan melibatkan aktivitas hampir seluruh otot tubuh, dan bisa juga memperkuat jantung.

Latihan keseimbangan juga tak kalah penting bagi kaum lansia, misalnya dengan berdiri di atas satu kaki atau berjalan jinjit. Olah tubuh seperti senam tai chi dapat membantu melatih keseimbangan. Silahkan disampaikan kepada orang tua masing-masing ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Percaya Tak Percaya, Gaji Wanita di Indonesia Ternyata Lebih Tinggi dari Pria!

Hati-Hati, Main Futsal Ternyata Bisa Sebabkan Kematian Lho!