in ,

Lakukan 3 Persiapan Ini Sebelum Pilih Olahraga Renang untuk Lansia!

CakapCakap – Seiring dengan berjalannya waktu, usia memang akan terus bertambah. Walau demikian namun bukan berarti kamu dihalangi untuk tak aktif bergerak. Sebagai lansia maka aktif bergerak malah diperlukan guna menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. Hanya saja Cakap People yang berusia lanjut tak bisa dengan bebas memilih aktivitas fisik yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan tidak semua kegiatan berbau fisik cocok untuk orang yang lanjut usia. Namun salah satu jenis olahraga yang dapat kamu lakukan ialah berenang. Olahraga renang ini bisa memberikan aneka kebaikan bagi orang yang sudah lanjut usia. Tetapi ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum berenang. Apa saja? Ini dia ulasannya!

1. Penuhi kebutuhan air

Jangan lupa minum air putih via Hellosehat.com

Sudah paham bukan jika tubuh memerlukan asupan air yang cukup? Maka dari itu, kamu disarankan untuk memastikan jika kebutuhan air tercukupi, baik sebelum, setelah maupun selama olahraga. Pihak ACSM atau American College of Sports Medicine menganjurkan guna mengonsumsi 0,5 liter air tepat 4 jam sebelum berolahraga, serta 0,2 – 10 liter untuk 15 menit sebelum olahraga. Upaya ini akan membantu kamu tetap energik saat bergerak dalam air dan untuk pencegahan terhadap dehidrasi.

2. Jangan lupakan pemanasan

Lakukan pemanasan via News.bbmessaging.com

Sebenarnya hampir semua olahraga memerlukan pemanasan, salah satunya renang. Alhasil kamu pun harus melakukan pemanasan sebelum berenang. Cobalah untuk melakukan pemanasan yang bersifat ringan saja. Lakukan selama kurang lebih 5 menit. Bagi lansia maka lakukan pemanasan dengan jalan cepat serta sedikit peregangan di area kepala, kaki dan tangan. Apabila mungkin maka kamu bisa melakukan pemanasan dengan bantuan sepeda status. Tetapi jika kamu baru pulih dari sakit maka pemanasan dengan jalan santai saja sudah cukup. Pemanasan dapat menjadikan pernapasan dan detak jantung meningkat. Selain itu suhu tubuh juga akan menjadi hangat sehingga otot tidak kaku lagi dan risiko cedera dapat dicegah.

3. Makan terlebih dahulu

Manfaat berenang untuk lansia via Cloversportclub.wordpress.com

Kamu dianjurkan untuk makan sebelum berenang. Mengapa? Sebab bukan rahasia lagi jika untuk berenang memerlukan energi yang cukup besar agar tidak lemas. Oleh karena itu, lansia dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berenang. Sebaiknya pilih jenis makanan yang kaya akan kandungan protein serta karbohidrat. Lalu kombinasikan menu makan tersebut bersama lemak sehat dan sayuran. Tetapi perhatikan jam makan yang kamu lakukan ya! Jangan sampai makan tepat sebelum berenang. Berikanlah jeda kurang lebih 1 jam sebelum olahraga. Sehingga makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik.

Itulah dia beberapa hal yang perlu diperhatikan jika lansia hendak berolahraga renang. Kendati demikian sebaiknya jangan membiarkan lansia olahraga sendirian. Tetap berikan pendampingan ya Cakap People! Baik dari pihak keluarga atau disewakan pelatih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Resep Jus Nanas untuk Obat Batuk Alami!

Diam-Diam, Ternyata Samsung Sudah Bikin Mobil SUV Keren Lho!