in ,

Ini Dia Dampaknya Jika Sering Starter Mobil Saat AC Menyala!

CakapCakap – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang semakin hari banyak dimiliki oleh masyarakat. Apalagi, kendaraan ini menampung cukup banyak orang di dalamnya. Sehingga, agenda bepergian dengan orang-orang tersayang dalam jumlah banyak pun tak jadi masalah. Namun, sayangnya masih ada beberapa kebiasaan salah yang sering dilakukan oleh pengendara kendaraan roda 4 ini Cakap People.

Terkadang, kebiasaan tersebut tak disadari sehingga cenderung dilakukan secara berulang. Mungkin kamu salah satu yang melakukan kebiasaan kurang tepat tersebut? Cukup banyak pengendara mobil yang lupa mematikan AC ketika hendak strater mobil. Meskipun tampaknya sepele, namun perilaku ini termasuk kebiasaan yang salah.

Starter mobil dengan kondisi AC menyala via Otospector.co.id

Sebab, berbekal kebiasaan tersebut  aki mobil bisa jadi tekor. Accumulator atau yang biasa dikenal dengan sebutan aki merupakan komponen yang menyimpan arus listrik. Biasanya dipergunakan untuk menghidupkan rangkaian listrik ke komponen yang tak memiliki sumber listrik. Di kala mesin mati, maka untuk bisa menyalakannya kita memerlukan aki.

Lantas, apa yang dimaksud dengan tekor aki? Di mana tak ada keseimbangan antara suplai dengan kebutuhan listrik. Perlu kamu ketahui jika saat melakukan starter mobil, AC dalam kondisi menyala maka beban listrik yang diperlukan akan meningkat. Sehingga, bagi jenis mobil yang sudah cukup tua bisa mengalami gagal nyala.

Asupan listrik yang terdapat di aki saja tak cukup guna memenuhi keperluan listrik guna menyalakan mesin beserta AC. Jika kamu sedang kurang beruntung, dan akinya sudah jelek maka arus listrik yang tersimpan dapat secara otomatis terkuras habis tanpa sisa. Untuk mencegah hal tersebut, maka kamu dianjurkan untuk mematikan AC, lampu, serta head unit agar mobil terhindar dari fenomena gagal nyala.

Aki jadi tekor via Seratus.id

Selain itu, supaya lebih aman maka baiknya sebelum starter mobil kamu diwajibkan guna melakukan pengecekan di beberapa komponen. Mulai dari head unit, AC serta lampu. Pastikan jika komponen tersebut dalam kondisi mati. Sehingga beban listrik yang diperlukan tak akan berlebih. Alhasil mobil aki tekor serta mobil gagal nyala bisa dihindari.

Sudah paham bukan Cakap People? Jika selama ini kamu melakukan kebiasaan tersebut, agaknya jangan diulangi lagi. Sebab, bisa memicu mobil gagal nyala dan aki menjadi tekor. Kamu juga harus rutin melakukan pengecekan pada komponen-komponen di atas sebelum starter mobil.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Setelan Jas yang Tepat