in ,

Suzuki Omni, Minibus dengan Pintu Geser, Harganya Cuma Rp 58 Jutaan Lho!

Suzuki Omni merupakan mobil keluarga dengan 8-seater

CakapCakap – Model mobil keluarga menjadi salah satu jenis mobil yang paling banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Seperti yang Cakap People ketahui juga, mobil keluarga biasanya memiliki ruang kabin yang lapang dan multi fungsi, sehingga pemilik bisa mengajak semua anggota keluarga saat berlibur atau bisa membawa banyak barang ketika digunakan untuk berbisnis. Soal harga, mobil keluarga di Indonesia biasanya juga ditawarkan dengan harga terjangkau, sekitar Rp 100-200 jutaan.

Suzuki Omni dipasarkan oleh Maruti Suzuki di pasar otomotif India dengan harga hanya Rp 58 jutaan. Via viva.co.id

Menariknya, harga segitu untuk mobil keluarga di India ternyata bisa mendapatkan dua unit mobil. Pasalnya, untuk jenis mobil keluarga Suzuki Omni saja, telah dipasarkan oleh Maruti Suzuki di Negara Hindustan tersebut dengan harga hanya 286 ribu Rupee atau, sekitar Rp 58 jutaan, seperti yang baru dilaporkan oleh laman VIVA.co.id. Bentuk mobil ini mirip dengan minibus Suzuki yang dipasarkan di Indonesia, yakni Suzuki Carry, tapi hadir dengan pintu geser seperti Toyota Sienta dan Honda Freed.

Suzuki Omni memang tak seperti mobil keluarga kelas bawah andalan merek lainnya. Tapi, harganya tetap saja lebih murah. Warga India memang lebih memilih kendaraan dengan harga yang sangat terjangkau. Mereka juga tampaknya tidak begitu memperdulikan soal peranti keselamatan, karena banyak model ditawarkan tanpa fitur tersebut. Untuk mesinnya sendiri, Suzuki membekalinya dengan mesin tiga silinder berkapasitas 800 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 34 HP dan torsi 59 Nm. Sementara rem depannya sudah menganut model cakram, namun rem bagian belakang masih model tromol.

Suzuki Omni hadir sebagai mobil keluarga dengan pintu geser dan bentuk seperti Suzuki Carry di Indonesia. Via carwale.com

Suzuki Omni sendiri diperkenalkan di India pada tahun 1984, di mana saat itu masih menggunakan nama Maruti Van dengan mesin 796cc tiga silinder segaris, seperti dimuat oleh AutoNetMagz.com. Seiring berjalannya waktu, pihak Maruti mengubah nama mobil ini menjadi Maruti Omni pada tahun 1988 dan mendapatkan facelift di tahun 1998. Ada beberapa varian yang sempat dijual, mulai dari Maruti Omni (E) varian 8-seater, Maruti Omni XL dengan atap lebih tinggi, Maruti Omni Ambulance untuk medis, serta Maruti Omni LPG dan Maruti Omni Cargo LPG yang mendapat tambahan LPG kit.

Nah, Suzuki Omni yang dijual di India sekarang ini merupakan varian 8-seater yang bisa menampung hingga delapan orang. Harganya benar-benar sangat murah ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Kampus Ini Beri Beasiswa Kuliah untuk YouTuber, Mau Coba Daftar?

Realme Jalin Kerja Sama dengan Spider-Man, Ini Misinya!