in ,

Keren! Kampus Ini Beri Beasiswa Kuliah untuk YouTuber, Mau Coba Daftar?

Juga ada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi sebagai YouTuber

CakapCakap – Belakangan ini semakin banyak anak muda yang mencoba menjalani profesi sebagai YouTuber, alias pembuat video untuk diunggah pada laman berbagi video YouTube. Mungkin ada juga Cakap People yang sudah menjadi YouTuber saat ini. Nah, bagi kamu para YouTuber yang belum kuliah, sekarang ada beasiswa khusus untuk YouTuber yang disediakan oleh kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG), dilansir oleh Kompas.com.

STKIP BBG menyediakan beasiswa penuh untuk 10 YouTuber Aceh. Via orbitdigitaldaily.com

Setidaknya ada 10 paket beasiswa bagi YouTuber terbaik, tapi hanya bagi mereka yang berdomisili di Aceh. Mereka akan mendapat beasiswa penuh untuk bersekolah di kampus tersebut. Jalur beasiswa ini sudah dibuka sejak tanggal 26 Juni 2019. Ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, di antaranya video yang dibuat oleh calon penerima beasiswa YouTuber harus bertema pendidikan, video orisinal, channel YouTube milik perseorangan, program editing memakai editor open source, subscriber hijau, serta harus mengklarifikasi data, dan juga mengikuti tes pembuatan kreasi video.

“Syarat ini diberikan agar si penerima paket beasiswa benar-benar orang terpilih dan tepat sasaran, dan kami harap banyak pemuda kreatif yang bisa mendedikasikan diri mereka di dunia pendidikan, jadi sedekah jariyah untuk mengedukasi masyarakat,” jelas Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama STKIP BBG, Regina Rahmi. Melalui beasiswa khusus YouTuber dari kampus yang berdiri sejak tahun 2003 ini, diharapkan akan menghasilkan anak muda yang mampu menjadi media sosialisasi pentingnya pendidikan, dan teknologi yang digunakan juga bisa untuk pendidikan.

UPN Veteran Jakarta juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi sebagai YouTuber. Via tribunnews.com

Sebelumnya, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi untuk para YouTuber, dikutip dari laman lain Kompas.com. Calon mahasiswa yang memiliki akun YouTube dengan jumlah subscribers minimal 10 ribu dapat mengajukannya sebagai salah satu prestasi yang bisa memberikan nilai tambah. Calon mahasiswa pemilik akun dengan kriteria itu juga harus merupakan pembuat konten untuk akunnya tersebut.

Menurut Humas UPN Veteran Jakarta Dedi Muzaini, prestasi ini pun akan diberi poin khusus yang menambah bobot nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftar yang memiliki prestasi non-akademik sebagai pembuat konten YouTube dapat memilih semua jurusan tanpa terkecuali. Jalur prestasi ini sendiri merupakan salah satu jalur yang tersedia bagi pendaftar yang mengikuti proses Seleksi Mandiri (SEMA). Nah, Cakap People juga mau coba ikut mendaftar?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Go-Jek Vietnam Buka Lowongan Bos Go-Pay untuk Vietnam, Mau Coba?

Suzuki Omni, Minibus dengan Pintu Geser, Harganya Cuma Rp 58 Jutaan Lho!