Lari menjadi olahraga kardio paling populer saat ini, dengan banyak sekali manfaatnya. Via ciungtips.com
in ,

Suka Olahraga Lari? Ada Banyak Manfaat Selain Jaga Kebugaran

CakapCakap – Lari menjadi salah satu olahraga kardio yang sangat populer saat ini, yang dilakukan oleh orang-orang berbagai usia, karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hampir setiap akhir pekan ada banyak warga yang berolahraga lari di tempat-tempat umum, terutama di ajang car free day yang diadakan di hampir setiap kota besar Indonesia. Cakap People pun mungkin terbiasa juga menghabiskan minggu pagi dengan berolahraga lari, bisa bersama pasangan atau teman-teman.

Lari menjadi olahraga kardio paling populer saat ini, dengan banyak sekali manfaatnya. Via ciungtips.com

Nah, selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ternyata olahraga lari pun juga memiliki banyak manfaat lainnya. Menurut laman Liputan6.com, olahraga lari mampu memaksimalkan kinerja otak. Risiko kemampuan otak yang kian menurun seiring dengan bertambahnya usia, bisa dikurangi dengan berlari secara rutin. Kemudian, aktif berlari juga kemungkinan mampu memperpanjang usia, karena dapat meremajakan fisik, terutama dilakukan teratur minimal 30 menit dan 3 kali seminggu.

Banyak yang tak tahu, olahraga lari pun bisa mengatasi rasa sedih. Pasalnya, saat melakukan kardio, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bisa memberikan energi positif, sehingga berpengaruh pada suasana hati yang akan lebih senang. Selain itu, seperti telah diketahui selama ini, olahraga lari jelas menjadi pilihan yang paling tepat untuk membuat otot menjadi lebih kuat. Otot akan semakin energik jika secara rutin melakukan lari dalam jangka waktu tertentu, sehingga tak akan cepat lelah.

Olahraga lari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan lutut dan mencegah terjadinya osteoporosis. Via komunita.id

Secara fisik, olahraga lari juga sangat baik untuk kesehatan lutut. Menurut laman AloDokter.com, bahkan pada penderita arthritis sekalipun lari dapat memelihara kesehatan lutut. Sejumlah studi menunjukkan bahwa olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut. Lari juga terbukti mampu memicu pembentukan sel-sel tulang baru, sehingga tulang jadi lebih kuat dan bisa menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Dengan demikian banyaknya manfaat olahraga lari, meski memang masih jarang disadari oleh orang-orang, makanya tidak heran jika lari sangat bagus menjadi pilihan olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur. Nah, sekarang Cakap People sudah siap-siap untuk berolahraga lari setiap hari?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kamu Bukan Lagi Bahan Gosip di Kantor Bila Menerapkan 5 Poin Ini

4 Kue Tradisional Ini Terbuat dari Singkong loh, Lezat dan Bikin Nagih!