in ,

Mau Bakar Lemak Lebih Banyak, Pilih Renang Atau Lari?

CakapCakap – Olahraga punya banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebagian orang, mungkin juga termasuk Cakap People, memiliki tujuan yang lain pula dalam berolahraga. Misalnya, seperti untuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa jenis olahraga, seperti berenang atau berlari memang merupakan olahraga kardio yang bisa membantu membakar lemak atau kalori di dalam tubuh, sehingga selanjutnya berdampak pada menurunnya berat badan.

Berlari dan berenang dikenal sebagai jenis olahraga kardio, tapi mana yang bisa lebih banyak membakar lemak? Via vemale.com

Menurut laman HelloSehat.com, lari lebih efektif untuk membakar lemak daripada renang, karena jantung bekerja lebih cepat ketika berlari daripada di dalam air, dan metabolisme tubuh juga bekerja lebih lama untuk membakar kalori daripada di air. Pada orang dengan berat badan 85 kg, lari paling intens bisa membakar 1.533 kalori per jam. Dengan membakar 3.500 kalori, maka bisa menurunkan berat badan hingga 0,5 kg. Sedang berenang hanya mampu membakar 949 kalori saja dalam sejam.

Selain itu, berlari juga bisa membantu membakar kalori selama berolahraga hingga 18 jam kemudian setelahnya. Sedangkan berenang hanya mampu membantu membakar kalori saat berolahraga saja. Saat kamu sudah naik ke daratan, maka metabolisme tubuh akan berhenti bekerja untuk membakar lemak, karena udara meningkatkan suhu tubuh, sedangkan air tidak. Sementara itu, setelah berlari suhu tubuh akan tetap lebih tinggi dari biasanya selama 18 jam, yang masih bisa membakar lemak.

Berenang bisa membuat semua bagian tubuh bergerak, namun diyakini tak mampu membakar lemak lebih banyak daripada berlari. Via kawaiibeautyjapan.com

Dari laman Tempo.co, diketahui pula bahwa berenang merupakan olahraga yang ideal untuk seluruh bagian tubuh dan lebih bersahabat untuk persendian. Olahraga renang memang tidak hanya bekerja pada tubuh bagian bawah dan inti tubuh saja, seperti pada olahraga lari, tapi juga pada tubuh bagian atas, termasuk pada lengan yang banyak digerakan selama berada dalam air. Tapi, olahraga renang harus membutuhkan latihan khusus, dan juga hanya bisa dilakukan di tempat khusus; kolam renang.

Sedangkan olahraga lari tentunya jauh lebih familiar dilakukan siapa saja, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berlari juga tak perlu latihan khusus. Namun, olahraga ini memang tidak bisa dilakukan jika punya masalah persendian. Nah, Cakap People mau pilih berlari atau berenang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Inilah Orang Terkaya di Cina dengan Harta Rp 594 T

Penting! Wanita Baru Melahirkan Bisa Olahraga dengan Stroller