in ,

Smiley Face! Menyusul Australia, Amerika Serikat Bakal Terapkan Emoji Pada Plat Kendaraan

Tahun lalu, Australia telah mulai memperkenalkan kebijakan emoji pada plat kendaraan pribadi, tepatnya di negara bagian Queensland, Australia.

CakapCakapCakap People! Mengirimkan teks pada seseorang kurang lengkap rasanya jika tidak menambahkan setidaknya satu emoji. Diciptakan pada tahun 1999 oleh seniman Jepang Shigetaka Kurita, emoji seperti telah menjadi bagian penting kehidupan kita sekarang.

Kini, emoji tak hanya digunakan untuk menyempurnakan teks yang kita buat atau kirim kepada seseorang melalui ponsel, tetapi emoji juga telah digunakan pada plat nomor kendaraan. 

Foto via Gulf News

Tahun lalu, Australia telah mulai memperkenalkan kebijakan emoji pada plat kendaraan pribadi, tepatnya di negara bagian Queensland, Australia. Plat kendaraan yang biasanya terdiri dari angka dan huruf, melalui kebijakan itu bisa ditambahkan dengan salah satu emoji yang diinginkan.

Para pemilik mobil diberikan opsi lima emoji untuk dipilih mulai 12 bulan lalu. Pilihan emoji tersebut di antaranya adalah tertawa terbahak-bahak, mata mengedip, kacamata hitam, mata berbentuk “love”, dan wajah tersenyum. 

Nah, dari kelima emoji tersebut, pemilik kendaraan mobil dibatasi hanya bisa memilih satu dari lima emoji tersebut yang akan digunakan sebagai simbol murni untuk tujuan dekoratif plat kendaraan dan tidak ada hubungannya dengan nomor registrasi kendaraan.

Juru bicara Royal Automobile Club of Queensland, Rebecca Michael, mengatakan bahwa perubahan dengan penerapan emoji tersebut tidak ada bedanya dengan seseorang yang menambahkan logo tim olahraga favorit pada plat kendaraan mobil mereka.

Dikatakannya, beberapa negara bagian juga sudah mengizinkan tanda baca seperti tanda tanya untuk dimasukkan pada plat nomor kendaraan. Menurutnya, emoji pada plat tersebut tidak berbeda jauh dengan hal itu.

Kini, langkah Australia bakal diikuti oleh Amerika Serikat. Sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) diperkenalkan oleh seorang anggota Virginia House of Delegates dari Windsor, Vermont.

Dalam RUU itu, pemilik kendaraan diperbolehkan untuk menambahkan satu dari enam emoji yang ditawarkan pada plat kendaraan mereka.

Sayangnya, enam emoji apa saja yang bisa dipilih tersebut belum diungkapkan.

Dilansir dari Gulf News, Rabu, 29 Januari 2020, jika RUU ini disahkan, maka Vermont akan menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat yang mengizinkan wajah-wajah kuning bahagia itu menjadi ditambahkan ke plat nomor kendaraan.

Besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah plat cantik di Australia adalah USD336, atau sekitar Rp 4,6 juta (Kurs Rp.13.650). Sementara itu di Amerika Serikat pada umumnya dikenakan kisaran dari USD10 – USD 100, atau sekitar Rp136.500 – Rp1.365.000 (kurs Rp13.650).

Sedangkan untuk biaya perpanjangan yaitu sebesar USD80. Tetapi untuk besaran biaya plat nomor kendaraan emoji belum diungkapkan.

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Putri Arab Saudi Ini Diduga Ditipu WNI Senilai Rp 512 Miliar Gara-Gara Bangun Vila di Bali

Hyundai IONIQ Electric Resmi Hadir di Indonesia, Jadi Mobil Listrik Termurah!