in

Simak, Ini 5 Cara Mudah Mengetahui Telur Masih Segar atau Rusak!

CakapCakap – Telur merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Telur bisa dikonsumsi dengan cara direbus ataupun digoreng sesuai dengan selera. Sayangnya nih Cakap People, terkadang kita menemukan telur yang busuk atau telah rusak sehingga nutrisi di dalamnya tidak ada dan malah mendatangkan bakteri.

Bagi kamu yang gemar belanja kebutuhan harian termasuk juga telur, ada baiknya simak beberapa cara mengetahui telur masih bagus ataupun rusak yang berikut ini:

Cium baunya

Ilustrasi mencium bau telur via konservelik.com

Mencium bau telur merupakan salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kondisi telur. Jika telur masih bagus maka tidak akan ada bau yang tercium. Sedangkan jika bau yang dikeluarkannya tidak enak, maka telur tersebut sudah tidak bagus sehingga sebaiknya tidak layak konsumsi.

Cek tanggal kadaluarsanya

Cek tanggal kadaluarsa telur via busy.org

Jika kamu gemar membeli telur di supermarket ataupun minimarket, selalu cek tanggal kadaluarsanya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kamu dalam mengetahui kapan telur tersebut baik dikonsumsi.

Cek dengan lilin atau alat penerangan lain

Menerangi telur untuk ketahui kondisinya via tabor.ru

Pengecekan dengan lilin membantu kamu dalam memastikan kualitas dari telur yang akan dikonsumsi. Pengecekan dengan metode ini membutuhkan sumber cahaya kecil seperti halnya lilin ataupun senter dan berada di tempat gelap. Jika telur yang kamu cek memiliki kantung udara maka semakin kecil kantungnya, semakin segar pula telurnya.

Lakukan pengecekan dengan air

Cara cek telur segar dengan memasukkannya ke dalam air via okezone.com

Langkah ini menjadi salah satu langkah yang cukup populer untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengisi mangkuk dengan air penuh lalu masukkan telur ke dalamnya. Telur yang masih segar akan tenggelam, sedangkan yang cukup lama akan mengapung.

Meski demikian, tidak semua telur yang mengapung tidak baik untuk dikonsumsi karena jika memang tidak ada bakteri yang merusak maka telur tetap bisa dimakan.

Lihat cangkangnya

Cek telur dari cangkangnya via panganpedia.com

Jika kamu mendapati telur dengan bercak putih pada bagian cangkangnya, ada baiknya untuk berhati-hati. Bisa jadi, bercak pada telur tersebut adalah jamur. Kamu juga bisa mencoba untuk memecahkan cangkang telur, lihat apakah ada bercak bewarna hijau, biru ataupun hitam pada telur. Jika ada maka hindari mengonsumsinya.

Untuk mendapatkan telur segar dan layak konsumsi jangan lupa menerapkan tips di atas ya, Cakap People! Ingat juga untuk selalu teliti saat membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sambut Pemilu 2019, LINE Today Luncurkan Fitur Khusus

Terhebat Sepanjang Masa, Inilah 5 Pelatih Handal Dunia Sepak Bola