in ,

Kamu Tak Akan Menemukan Indomaret dan Alfamart di Provinsi Ini, Terungkap Alasannya

CakapCakap – Usaha waralaba sudah menjadi bisnis yang begitu menjamur sejak beberapa tahun belakangan. Mulai dari bisnis makanan, minuman, hingga retail. Semua banyak diminati oleh mereka yang ingin menjajal peruntungan dari berbisnis mudah. Nah, salah satu waralaba retail yang pasti Cakap People kenal dengan baik adalah indomaret dan alfamart.

Bisnis waralaba satu ini begitu pesat perkembangannya. Baik itu di kota besar ataupun di daerah kecil akan mudah ditemukan. Namun kamu tak bakal menyangka bila waralaba tersebut tak akan pernah kamu temukan ada di salah satu provinsi tanah air. Bisa tebak?

Minimarket waralaba via Quora.com

Provinsi yang tak ada sama sekali indomaret dan alfamart adalah daerah Minang, Sumatera Barat. daerah ini juga tak ada retail lain seperti Lawson dan 7Eleven pun tak ada di provinsi ini. padahal jika menilik kawasan ini termasuk salah satu kota yang dikunjungi banyak wisatawan. Tapi nyatanya memang tak ada sama sekali alfamart dan indomaret di sana. Adakah alasannya?

Salah satu provinsi di Sumatera ini memang sengaja tak memberikan izin bagi minimarket waralaba sejenisnya beredar. Hal ini seperti aturan daerah yang telah dikeluarkan pemerintah setempat. bukan tanpa sebab larangan tersebut diberlakukan. Ada tujuan pemerintah daerah yang berupaya melindungi para pedagang tradisional asal daerah tersebut.

Karena keberadaan minimarket modern tersebut kelak akan mematikan ekonomi masyarakat asli. Bahkan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah telah menegaskan tidak akan memberikan izin jaringan waralaba sejenisnya beroperasi. Jadi jangan heran bila kamu tak menemukan satu pun gerai alfamart dan indomaret di Kota Padang.

Indomaret salah satu minimarket waralaba yang dilarang buka gerai di Sumatera Barat via Dailysocial.id

Keberadaan toko modern seperti itu tentu akan memberi kenyamanan seperti harga pasti, barang tertata rapi dan beragam, serta kondisi minimarket yang nyaman ber-AC pastinya akan membuat konsumen pada akhirnya beralih. Sehingga keberadaan pedagang tradisional akan tersisih dan kalah keberadaanya.

Meski begitu, tak berarti pedagang daerah asal membuka toserba atau minimarket. Tentu hal itu diperbolehkan di Sumatera Barat. Minimarket per orangan tetap mendapatkan izin di sana. Minimarket waralaba-lah yang tak mendapatkan izin beroperasi dari pemerintah daerah. Bahkan, kabarnya pemerintah daerah setempat akan menggagas ‘Halal Mart’ lho Cakap People! Semua barang yang dijual nantinya berasal dari Kota Padang sendiri.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Awas Tertipu Ban Rekondisi! Begini Cara Mengenalinya Agar Tak Salah Beli

Gambar Apa yang Kamu Lihat? Asmaramu Akan Terbaca dari Tes Berikut!