in ,

Siapkan yang Terbaik! Mobil Listrik Suzuki Wagon R Terus Jalani Uji Coba

CakapCakap – Teknologi mobil listrik kini telah mendapat perhatian besar dari pabrikan-pabrikan raksasa dunia. Cakap People bisa melihat sudah ada banyak model mobil listrik, baik yang kini telah dikeluarkan maupun yang sedang dipersiapkan oleh sejumlah perusahaan otomotif dunia. Salah satu mobil listrik yang tengah menjalani uji coba adalah Suzuki Wagon R. Mobil listrik itu dikembangkan di kantor pusat Suzuki di Jepang, namun menjalani uji coba di sejumlah kawasan di India hingga kini.

Mobil listrik Suzuki Wagon R menjalani uji coba di India untuk menyesuaikan kondisi di negara tersebut. Via autocarindia.com

Total 50 prototipe Suzuki Wagon R yang menjalani pengujian di seluruh India, yang banyak ditemui di kota-kota besar seperti Delhi, Mumbai, Bangalore, Hyderabad dan Chennai. Menariknya, mobil listrik Suzuki Wagon R ini juga menjalani uji coba di kawasan bersalju dengan kondisi cuaca buruk di bawah nol derajat, tepatnya di kawasan Kufri, Shimla, India beberapa waktu lalu, seperti dilaporkan laman Tempo.co. Proses uji coba itu ditangkap kamera penggila otomotif Souvik Kar dan dimuat di internet.

Pengujian di India sendiri bertujuan untuk pengaturan mobil sesuai kondisi negara tersebut, di mana mobil listrik Suzuki Wagon R ini akan diluncurkan oleh Maruti Suzuki, agen pemegang merek Suzuki di India pada awal tahun 2020 nanti. Mobil itu diuji dalam kondisi dunia nyata mulai waktu pengisian baterai, jangkauan, dan sebagainya. Setelah siap, mobil akan diproduksi secara lokal di pabrik Maruti Suzuki India. Dengan begitu, akan memungkinkan mobil ini pun memiliki harga terjangkau. Selain itu, Suzuki juga mendirikan pabrik baterai di Gujarat, India dengan total investasi sekitar Rp 2,2 triliun.

Mobil listrik Suzuki Wagon R akan diproduksi secara lokal di pabrik Maruti Suzuki India, dan diluncurkan pada awal 2020. Via indiatimes.com

Mobil listrik Suzuki Wagon R ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga Rp 137,6 – Rp 196,9 juta untuk pasar India, seperti dimuat dalam laman Suara.com. Harga ini pun sudah termasuk dua socket pilihan pengisian ulang arus listrik Alternating Current (AC) di bagian depan, dan Direct Current (DC) di bagian belakang kendaraan. Menariknya, model pengisian DC ternyata menggunakan fitur fast charging dengan kecepatan pengisian dalam satu jam mencapai daya sebanyak 80 persen. Sedang pengisian model AC dibutuhkan tujuh jam sampai baterai penuh, untuk bisa melanju sejauh 200 km.

Soal spesifikasi, Suzuki Wagon R versi listrik ini dibangun menggunakan platform Suzuki Heartech. Mudah-mudahan nanti juga dipasarkan di Indonesia ya, Cakap People!

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Daftar Makanan Pencegah Stroke di Usia Muda, Kamu Wajib Coba!

Wow, BLACKPINK ‘Kill This Love’ Sudah Ditonton 96 Juta Orang! Pecahkan Rekor