in ,

Siapkan Tubuh Dengan Cara Ini Sebelum Hamil, Penting!

CakapCakap – Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh tiap wanita yang telah menikah. Ketika sudah berada dalam tahap kehamilan, maka penting bagi Cakap People untuk menjaga kesehatan. Namun ternyata kesehatan tak hanya perlu dijaga saat sedang hamil saja.

Sebab sebenarnya kamu dianjurkan untuk mulai menjaga tubuh sebelum menikah atau merencanakan program hamil. Sehingga ada beberapa persiapan kehamilan yang memang perlu dilakukan. Biasanya persiapan kehamilan ini dijalankan 3 bulan sebelum menikah maupun merencanakan program hamil. Ini dia beberapa cara yang perlu kamu persiapkan sebelum kehamilan!

1. Jaga berat badan

Upayakan agar berat badan ideal via Winnetnews.com

Wanita yang memiliki berat badan ideal akan berpeluang besar untuk cepat hamil dibanding dengan mereka yang mengalami obesitas. BMI yang berada di atas angka 30 dikatakan obesitas serta mampu menimbulkan masalah seperti ovulasi. Sehingga bisa membuat sulit hamil. Hal tersebut diungkapkan oleh Christy-Lynn Cooke yang merupakan spesialis kandungan di Lois Hole Hospital for Women do Edmonton. Jadi pastikan jika BMI kamu ada di kisaran 19-25 ya.

2. Olahraga dan jaga pola makan

Lakukan olahraga ringan secara teratur via Womantalk.com

Siapa yang paling malas melakukan olahraga? Padahal olahraga sebelum hamil bisa membantu mengatasi adanya perubahan saat kehamilan sampai persalinan. Tetapi hindari untuk olahraga secara berlebihan. Sebab jenis olahraga berat bisa mengurangi kesuburan, jadi pilih jenis olahraga yang ringan saja namun rutin dilakukan. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi jenis makanan yang punya kandungan gizi seimbang. Makanan tersebut harus memiliki kandungan seperti zat besi, vitamin B12 hingga asam folat. Mulai dari sayuran hijau, makanan laut, susu, telur, kacang-kacangan, jeruk, hingga daging sapi.

3. Makan suplemen asam folat

Cukupi kebutuhan asam folat via Klikdokter.com

Berbekal sebuah penelitian menyebutkan jika dengan menyantap suplemen asam folat maka mampu membuat risiko bayi lahir cacat tabung saraf bisa berkurang. Tahukah kamu apa itu asam folat? Ia merupakan bagian dari vitamin B yang bertugas guna membantu tubuh dalam menghasilkan sel baru yang sehat. Asam folat bisa kamu peroleh dari gandum hingga sayuran hijau. Namun untuk memperoleh asam folat dari makanan cukup sulit. Sebab jenis vitamin ini tak bisa disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, dokter menganjurkan untuk semua wanita yang dalam keadaan subur menyantap vitamin yang kaya asam folat, yakni 0,4 sampai 1 miligram tiap hari, idealnya 3 bulan sebelum kehamilan.

Itulah beberapa hal yang bisa Cakap People lakukan sebelum mempersiapkan kehamilan. Supaya lebih paham dan memperbesar peluang hamil, maka kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter kandungan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tanpa Bayar Mahal, Ini Deretan Buah yang Ampuh Bersihkan Lemak Perut

Sok Cuek di Depan Pacar? Hentikan Sebelum Penyesalan Ini Kamu Rasakan