in ,

Selain Wortel, Ini Dia Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata!

CakapCakap – Mata merupakan salah satu panca indera yang wajib Cakap People jaga kesehatannya. Ada yang tahu apa yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan mata? Salah satunya dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan yang punya banyak kandungan vitamin A. Biasanya orang cukup familiar dengan wortel. Sehingga banyak yang memutuskan untuk mengonsumsi wortel demi terjaganya kesehatan mata.

Padahal selain wortel, masih ada banyak makanan lain yang punya kandungan vitamin A atau betakaroten. Sebenarnya mata tidak hanya membutuhkan vitamin A saja, melainkan aneka jenis nutrisi lain seperti asam lemak omega 3 hingga lutein. Nah, ini dia makanan-makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kamu!

1. Ikan

Konsumsi ikan salmon demi jaga kesehatan mata via Motherandbaby.co.id

Suka mengonsumsi jenis-jenis ikan? Kabar baik bagi kamu pencinta ikan! Sebab beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon punya kandungan asam lemak omega 3 yang punya fungsi untuk menormalkan kembali sel retina yang melemah. Kamu dianjurkan untuk menyantap 1 porsi ikan tuna maupun salmon tiap minggu. Hal tersebut perlu kamu lakukan guna memenuhi kebutuhan asma lemak omega 3. Alhasil mata bisa jadi lebih sehat.

2. Buah-buahan

Markisa baik bagi kesehatan retina mata via Merahputih.com

Buah terdiri dari aneka macam dan ragam. Alhasil kamu akan tidak bosan kala menyantap macam-macam buah. Retina mata membutuhkan vitamin A guna melihat saat malam hari. Vitamin yang juga dikenal dengan sebutan betakaroten tersebut terkandung banyak dalam buah-buahan. Nah, kamu bisa memilih aneka buah yang baik bagi mata. Seperti apel, pepaya, melon, markisa hingga semangka. Buah-buah tersebut memiliki kandungan vitamin A yang paling banyak.

3. Sayuran hijau

Memiliki kandungan lutein yang berlimpah via Okaydoc.com

Siapa yang tidak gemar menyantap sayuran hijau? Padahal jenis sayuran ini punya kandungan lutein yang sangat penting bagi kesehatan mata. Terlebih untuk bagian retina serta lensa. Jadi, masih tak ingin menyantap jenis sayuran hijau? Lutein yang ada pada sayuran hijau ini bisa berperan untuk melindungi mata dari sinar UV. Bisa menebak apa sayuran yang punya kandungan lutein paling tinggi? Ia adalah bayam!

Menjaga kesehatan mata perlu Cakap People lakukan jika ingin mata senantiasa sehat. Selain menjaganya dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas, kamu juga dianjurkan untuk melakukan kebiasaan sehat. Misalnya saja terapkan batas aman jarak pandang saat melihat komputer atau laptop, begitu pula ketika memandang ke layar smartphone.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Cannes 2019: “Parasite” Terima Palme D’Or, Antonio Banderas dan Emily Beecham Raih Aktor dan Aktris Terbaik

Hanya Ada Satu Gaji dalam Rumah Tangga? Begini Cara Mengaturnya!