in ,

Sebelum Beli Motor Bekas, Periksa Komponen Berikut Ini Ya!

CakapCakap – Motor merupakan salah satu moda transportasi yang masih sangat digemari oleh masyarakat. Hanya saja animo masyarakat untuk membeli motor bekas tak kalah dengan keinginan beli motor secara baru. Sebab ada beberapa hal yang dipertimbangkan saat membeli motor baru. Salah satunya masalah harga Cakap People.

Apabila membeli motor bekas maka harga yang ditawarkan terbilang terjangkau. Kendati demikian kamu harus tetap cermat dalam memilih motor bekas yang hendak dibeli. Jangan mudah terkecoh oleh harga murah atau kilometer rendah. Kamu harus mengecek beberapa komponen berikut ini secara pasti!

1. Lihat kondisi list dan bodi cat

Tinjau bagian bodi cat motor via Autos.id

Meskipun terkesan sepele, namun list yang ada di bagian bodi motor juga bisa menunjukkan apakah motor tersebut pernah mengalami jatuh ataukah tidak. Apabila list bodi masih asli umumnya akan tertutup dengan lapisan bening dari pelindungnya. Tetapi jika yang kamu lihat adalah list dengan permukaan tak beraturan maka besar kemungkinan ia pernah mengalami pecah ketika jatuh atau kecelakaan. Sedangkan untuk tahu secara pasti apakah cat motor tersebut asli dari pabrik atau tidak kamu bisa melihat serta merabanya. Apabila bukan cat bawaan maka pori-porinya akan terlihat jauh lebih besar serta cat seolah menebal.

2. Tutup lubang knalpot untuk kenali bunyi mesin

Kenali suara mesin dengan menutup lubang knalpot via Autos.id

Apabila motor bekas masih memiliki kondisi mesin yang sehat maka ia akan mempunyai suara normal. Jadi ketika motor dihidupkan kamu tak perlu menarik bagian handel gas dengan tenaga penuh. Cukup tutup saja bagian lubang di knalpot kemudian dengarkan suara mesin yang muncul. Apabila suara yang muncul halus, tidak berisik atau senyap maka kemungkinan mesin masih berfungsi baik. Tetapi jika suara mesin yang keluar tidak wajar atau cenderung berbunyi berisik maka bisa jadi mesin dalam kondisi tak sehat.

3. Cek Mesin

Lihat bagian mesin via Grid.id

Ketika membeli sebuah motor bekas,  maka yang harus kamu perhatikan ialah bagian mesinnya. Tinjau terlebih dahulu bagian-bagian seperti baut-baut yang ada pada mesin, pernah dibuka ataukah belum. Sebab jika mesin sudah pernah dibuka maka warnanya akan berbeda. Selain itu lihat pula bagian perpak yang merupakan pintu masuk guna mengetahui apa masalah yang pernah dialami oleh mesin. Apabila perpak sudah pernah diganti maka tandanya mesin motor sudah tidak orisinil.

Sudah tahu bukan Cakap People apa saja komponen yang wajib kamu cek di kala hendak memberi motor bekas? Cobalah mengecek beberapa bagian di atas. Apabila kamu tak begitu tahu atau mengerti maka ajaklah seorang teman atau yang mengerti perihal seluk-beluk mesin motor. Hal ini demi mendapatkan motor bekas dengan kualitas yang masih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Khusus Hari Ini! Belanja di TSM Makassar Diskon Up to 80% dan Banjir Hadiah Menarik

Mau Kerja di Facebook? Ini Bocoran Proses Seleksinya!