in ,

Rekor Terpanjang se-Asia Tenggara, Jembatan Gantung Ini Ada di Sukabumi

CakapCakap – Jika ada rencana untuk berkunjung ke Sukabumi, Cakap People harus tahu jika ada satu tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan. Di kawasan ini terdapat jembatan Situgunung yang merupakan jembatan gantung terpanjang untuk kawasan Asia Tenggara.

Jembatan Situgunung terletak di Sukabumi yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jembatan ini memiliki lebar 1,2 meter dengan panjang 243 meter serta panjangnya mencapai 243 meter.

Jembatan SItugunung via genpi.co

Jembatan Situgunung terbuat dari kayu merbau dan telah diresmikan buka pada 9 Maret 2019 oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Jembatan ini dibangun oleh PT Fontis Aqua Vivam pada tahun 2017 dengan bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Meski tidak menggunakan alat berat, namun pembangunan jembatan terpanjang se-Asia Tenggara ini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari setahun atau tepatnya hanya dalam waktu 4 bulan saja. Adapun untuk keselamatan dan kenyamanan, jembatan ini juga telah disertifikasi dan lulus uji bebas yang telah dilakukan oleh kementrian PUPR.

Jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara via ngopibareng.id

Menurut direktur Jembatan Situgunung, Dede Asad para pengunjung tidak perlu khawatir ataupun takut berada di jembatan ini. Mereka yang ingin menyeberang di jembatan akan dilengkapi dengan sabuk pengaman yang disediakan di gerbang masuk. Perlengkapan juga berupa pengait yakni ikat pinggang yang bisa dipasang ke pegangan jika terjadi turbulensi.

Ada pula seorang anggota staf yang bersiaga di area tengah untuk membantu wisatawan yang ingin menyeberangi jembatan. Setelah mengunjungi jembatan, pengunjung juga bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Curug Sawer atau Air Terjun Sawer yang berjarak 1 kilometer atau bisa juga dengan menjelajahi tanah perkemahan dan ampiteater.

Penampakan jembatan gantung Situgunung di Sukabumi via merdeka.com

Wisata di kawasan Situgunung ini memiliki pemandangan yang begitu indah dengan hutan yang rimbun nan menakjubkan. Wisata ini dibuka setiap hari mulai dari jam setengah 8 pagi sampai dengan setengah 6 sore.

Ada pula beragam paket wisata unik untuk perorangan ataupun kelompok. Wisata ini juga cocok digunakan bagi kamu yang ingin melakukan prewedding. Jadi siapa nih dari Cakap People yang mau liburan ke sini?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sebaiknya Tak Asal Pilih, Ini 3 Bahan Seprai Adem yang Nyaman Buat Kulit

Fakta Ilmiah Menyebutkan Waluh Mampu Cegah Diabetes dan Kanker