Jembatan terpanjang dunia di Cina sepanjang 55 km yang menghubungkan antara Hong Kong dan Makau dengan kawasan Zhuhai di Cina daratan. Via sputniknews.com
in ,

Kini Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Ada di Cina, Panjangnya 55 KM!

CakapCakap – Jembatan berfungsi untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah oleh perairan. Cakap People mungkin juga tahu di Indonesia pun ada beberapa jembatan megah dan panjang yang sudah dibangun oleh pemerintah. Namun, bicara soal jembatan laut terpanjang di dunia, Cina baru saja meresmikan sebuah jembatan sepanjang 55 km yang menghubungkan tiga kota yang terpisah oleh lautan di kawasan Hong Kong dan Cina daratan, yakni antara Hong Kong, Zhuhai dan Macau.

Jembatan terpanjang dunia di Cina sepanjang 55 km yang menghubungkan antara Hong Kong dan Makau dengan kawasan Zhuhai di Cina daratan. Via sputniknews.com

Dikutip dari laman Liputan6.com, Presiden Cina Xi Jinping meresmikan penggunaan jembatan ini di kota Zhuhai belum lama ini, setelah proyek yuang menyedot biaya miliaran dolar AS tersebur sempat tertunda selama dua tahun. Wakil Presiden Cina Han Zheng yang bertanggung jawab atas integrasi ekonomi rehional mengatakan jembatan ini diharapkan bisa membuat Hong Kong dan Makau jadi lebih dekat dengan kawasan Cina daratan dalam semua kegiatan perekonomian dan perdagangan.

“Ini membuka ketiga tempat untuk pertukaran lebih besar dalam ekonomi dan perdagangan. Ini juga meningkatkan daya saing delta Sungai Pearl,” ungkap Han. Dia pun mengklaim, meski jembatan ini sangat panjang, namun dapat menahan beberapan rintangan alam, seperti misal Topan Mangkhut, dan merupakan simbol perwujudan mimpi oleh orang-orang di tiga lokasi tersebut. Han pun juga mengatakan bahwa ini pertama kalinya ketiga pihak bekerja sama dalam proyek infrastruktur besar.

Proses pembangunan jembatan terpanjang dunia di Cina yang menelan biaya miliaran dolar AS. Via scmp.com

Dikutip pula dari laman BBC.com, bagian utama jembatan ini dibangun dengan biaya mencapai 6,92 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 10,5 triliun. Jumlah ini sendiri pun sebenarnya bertambah 25 persen dari anggaran semula. Jika ditambah dengan fasilitas-fasilitas lain dan jalan-jalan penunjang, maka proyek ini menghabiskan anggaran hingga 15,3 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 23 triliun. Pada awalnya, proyek ini selesai pada 2016, namun tertunda karena kurang material dan tenaga kerja.

Dengan adanya jembatan yang dibangun menggunakan besi berjumlah setara dengan 60 menara Eiffel ini, maka perjalanan darat antara Zhuhai dan Hong Kong yang sebelumnya memakan waktu hingga empat jam bisa dipangkas hanya menjadi setengah jam saja. Luar biasa ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Selain Mengatur Jumlah Anak, Ini 4 Manfaat KB yang Jarang Diketahui!

Fitur Baru Google Maps Bisa Bantu Pantau Keamanan Perjalanan