in

Pulau Terluar Indonesia dan India akan Terkoneksi, Bagaimana Caranya?

Pradeep menyampaikan ajakan untuk bersama membangun konektivitas antar pulau-pulau terluar Indonesia dan India, untuk menghidupkan ekonomi masyarakat setempat.

CakapCakap – Indonesia memiliki hubungan bilateral yang sangat baik dengan banyak negara, termasuk salah satunya adalah India. Negara yang berada di kawasan Asia Selatan ini sudah menjalin kerjasama dengan Indonesia di berbagai bidang, mulai dari perekonomian hingga transportasi. Kali ini, kedua negara sedang menjajaki potensi kerjasama baru dalam bidang pengembangan konektivitas antara berbagai pulau terluar yang dimiliki oleh Indonesia maupun India.

Pulau Andaman dan Nikobar Menjadi Pulau yang Terkoneksi dengan Aceh

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo dalam keterangan resminya mengatakan bahwa Indonesia pasti akan sangat terbuka untuk mengkomunikasikan berbagai peluang kerja, termasuk di sektor kelautan dan perikanan. Termasuk dengan India, Indonesia pastinya membuka peluang yang sama. Komunikasi tersebut berlangsung ketika Dubes India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, berkunjung ke Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, 28 November 2019 lalu.

Secara khusus Pradeep menyampaikan ajakan untuk bersama membangun konektivitas antar pulau-pulau terluar Indonesia dan India, untuk menghidupkan ekonomi masyarakat setempat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Pulau Andaman dan Pulau Nikobar yang letaknya lebih dekat ke Aceh (Indonesia) jika dibandingkan dengan jaraknya ke India.

Kunjungan Dubes India ke Indonesia

Menanggapi ajakan tersebut, Menteri Edhy mengusulkan beberapa alternatif untuk pengembangan pulau-pulau terluar kedua negara tersebut. Salah satu usulan yang disampaikan adalah pengembangan pembangkit listrik tenaga arus laut, untuk mendukung ketersediaan energi di kampung-kampung nelayan disana. Potensi lain yang juga akan segera digarap adalah penguatan kapasitas nelayan dan pelaku industri perikanan, investasi kelautan dan perikanan, riset kelautan dan perikaan, dan potensi jasa-jasa lain di bidang perikanan.

Dalam kesempatan lain, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan bahwa seluruh negara di Asia Tenggara harus saling meningkatkan konektivitas antar negara.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Salah! Aktivitas Sederhana Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Olahraga Kardio

Hari AIDS Sedunia, Inilah Asal Usul Pita Merah Simbol HIV AIDS