in

Produksi Sendiri, Iran Akan Luncurkan Satelit ke Angkasa

CakapCakap – Menyusul negara adidaya di bidang astronomi, Iran dikabarkan akan meluncurkan satelit pertamanya ke angkasa. Istimewanya, satelit ini adalah satelit buatan negara sendiri, dan dikerjakan serta diuji di Iran. Bisa dibilang keren kan, Cakap People?

Iran dan Teknologi Satelitnya via http://media.ws.irib.ir/image/4bn48ea4842fbby5za_800C450.jpg

Perusahaan Pencitraan Satelit Israel, beberapa hari yang lalu mengatakan bahwa Iran sedang dalam tahap persiapan akhir sebelum melakukan peluncuran satelit. Peluncuran akan dilaksanakan di Imam Khomenei Spaceport, Iran Utara. Beberapa waktu sebelumnya, Hassan Rouhani, Presiden Iran menyebutkan bahwa negaranya akan melakukan peluncuran dua satelit ke luar angkasa. Satelit ini adalah buatan dalam negeri, dan akan segera diluncurkan ke orbit Bumi, dalam waktu dekat ini.

ImageSat International (ISI) melaporkan bahwa sejumlah personil sudah tiba dilokasi peluncuran beberapa hari terakhir, yakni di Imam Khomenei Spaceport. Mereka mengawal dan melakukan persiapan, termasuk di dalamnya adalah menyiapkan lokasi peluncuran. Citra Satelit ISI menyebutkan bahwa proses persiapan peluncuran sudah tiba di tahap akhir.

Dalam tangkapan satelit tersebut, terlihat ada truk dan kendaraan kecil yang ada di sekitar lokasi peluncuran Imam Khomenei Spaceport. Begitu juga dengan rudal yang akan membawa satelit, sudah berapa di lokasi konstruksi. Sejumlah teknisi terlihat juga tengah melakukan pemeriksaan di bagian atap dan peluncur.

Iran Akan Luncurkan Satelit buatan Sendiri via http://liputanislam.com/wp-content/uploads/2014/05/Iran-satellite-launch.jpg

Iran biasanya akan menunjukkan pencapaiannya tersebut pada program luar angkasa, yang akan digelar pada bulan Februari besok. Momen yang digunakan untuk mengumumkannya adalah pada peringatan Revolusi Islam 1979. Sebelumnya, Iran juga tengah melakukan pengiriman beberapa satelit berumur pendek ke orbit selama satu dekade terakhir. Bahkan juga, Iran pada tahun 2013 sempat meluncurkan seekor monyet ke luar angkasa. Kali ini, Iran sudah sempat mengatakan bahwa tiga satelit baru tengah dalam masa uji coba terakhir.

Cakap People pasti banyak yang bertanya-tanya, apa saja yang dilakukan oleh satelit jika sudah berada di luar angkasa? Satelit memuat berbagai macam mesin, yang salah satunya adalah bekerja untuk mengambil citra bumi dari jarak jauh. Dengan demikian, ada banyak sekali penemuan yang bisa diteliti lebih lanjut, mengenai bumi dan benda-benda angkasa yang ada di sekeliling planet kita.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Jenis Pekerjaan Part Time Ini Perlu Dicoba di Tahun 2019, Apa Saja?

Mengapa Harus Copot Sepatu Ketika Masuk Ruangan?