in ,

Presiden Jokowi: 4 WNI Positif Terinfeksi Virus Corona di Kapal Pesiar Diamond Princess Jepang

Sejauh ini, sebanyak 624 kasus virus corona telah ditemukan di atas kapal itu.

CakapCakapCakap People! Kementerian Kesehatan Jepang hari ini Kamis, 20 Februari 2020 telah mengumumkan bahwa ada dua orang penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang meninggal dunia akibat virus corona. Keduanya berusia 80-an tahun. 

Sejauh ini, sebanyak 624 kasus virus corona telah ditemukan di atas kapal itu. Lalu, bagaimana kondisi 78 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan awak kapal pesiar tersebut?

View this post on Instagram

Selamat siang. Saya telah menerima informasi terkini dari Jepang, bahwa di atas kapal pesiar Diamond Princess yang tengah berlabuh di Pelabuhan Yokohama, terdapat 78 awak kapal berkebangsaan Indonesia. Empat WNI di kapal itu telah dinyatakan positif terpapar virus korona. Mereka saat ini sudah dibawa ke rumah sakit setempat untuk menjalani perawatan sesuai dengan protokol kesehatan WHO. Adapun 74 WNI lain yang masih berada di kapal, tetap kita pantau. Melalui KBRI Tokyo, pemerintah senantiasa berkomunikasi dan menyampaikan bantuan logistik, sambil terus membahas kondisi mereka dengan otoritas di Jepang. Mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia agar saudara kita yang tengah dirawat mendapat kesembuhan, dan yang sedang menjalani karantina di atas kapal Diamond Princess dilindungi oleh Allah SWT dan segera kembali ke Tanah Air.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa ada empat WNI yang positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19 di kapal pesiar Diamond Princess. Saat ini, keempat WNI tersebut tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Jepang.

“Sampai saat ini saya telah menerima info ada 4 yang positif kena virus corona di kapal pesiar diamond yang ada di Jepang. Itu sudah dibawa ke RS di Jepang,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020.

Petugas kesehatan memantau kondisi pasien virus corona. Memahami struktur virus, mereka berharap, akan membantu para ilmuwan menemukan perawatan dan vaksin lebih cepat.

Selain itu, presiden Jokowi juga menegaskan bahwa KBRI di Tokyo selalu memantau kondisi kesehatan WNI di sana dan memastikan mendapatkan perawatan sesuai dengan protokol kesehatan dari WHO. 

Total WNI yang ada di kapal tersebut adalah 78 orang; 4 orang positif terinfeksi virus corona tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Jepang, sementara 74 WNI lainnya dilaporkan berada di kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama, Jepang.

Pekerja medis dengan pakaian pelindung memindahkan seorang pasien ke bangsal isolasi sebuah rumah sakit di Wuhan pada Kamis, 6 Februari 2020. [China Daily / Reuters via CNN]

Sebelumnya, menurut Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Tokyo Eko Junor menyebut KBRI masih menunggu hasil tes yang menyatakan 74 WNI tersebut telah selesai masa karantinanya, menurut laporan Republika Online, Kamis, 20 Februari 2020.

Seperti diketahui, masa karantina 14 hari telah selesai pada Rabu, 19 Februari 2020, waktu setempat. Sejumlah negara telah mengevakuasi warganya dari kapal pesiar tersebut. Seluruh penumpang dan kru kapal yang berjumlah 3.711 telah diuji apakah mereka terinfeksi virus atau tidak.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Waspada, Ini Tanda jika Kamu Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Lemah!

Larry Tesler, Pencipta “Cut”, “Copy” dan “Paste” di Komputer Ini Meninggal, Berikut Hasil Karyanya!