in

Pesona Atambua, Menggali Wisata Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

Jangan lupa untuk menyempatkan waktu bertandang ke Atambua, karena kalian akan menemukan pesona mutiara wisata yang khas di perbatasan negara kita.

CakapCakap – Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur tidak akan jadi lengkap kalau kalian belum betandang ke perbatasan RI – Timor Leste di Atambua. Ibukota Kabupaten Belu ini tidak menjadi destinasi utama pariwisata di NTT, karena kalah pamor dengan kemolekan kota Kupang, Labuan Bajo, dan Rote Ndao. Tapi Cakap People, kalian pasti penasaran ‘kan dengan apa yang ada di Atambua? Pastinya kawasan perbatasan ini punya sesuatu yang spesial!

Wisata Bukit Tuamese

Satu yang indah dan mempesona adalah Bukit Tuamese. Bukit ini hingga saat ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, karena salah satunya adalah diakibatkan lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Bahkan jika pengunjung ingin bertandang ke bukit ini, mereka harus melewati jalanan yang belum diaspal, yakni tanah berpasir dan berbatuan khas Atambua.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan merasakan sensasi jalanan yang bergelombang, dan juga debu yang tebal disekeliling kendaraan. Selain itu, pastinya kalian akan melewati perumahan asli warga Atambua, pemandangan yang indah, dan lainnya. Jika sudah sampai di parkiran sementara, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki di jalanan berpasir dan berbatu sekitar 10 menit. Perjuangan untuk mencapai tempat ini tidaklah sia-sia, karena pesona Bukit Tuamese sangatlah mempesona.

Pantai Faularan

Ada juga Pantai Faularan, yakni kawasan pantai yang kalian lewati ketika akan menuju Bukit Tuamese. Pantai ini dikenal sebagai pantai perawan, karena masih belum banyak wisatawan yang berkunjung. Momen yang paling pas untuk menghabiskan waktu di pantai ini adalah saat matahari terbenam, yang menimbulkan kesan romantis.

Pastinya yang terakhir adalah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara RI dan Timor Leste. Walaupun kawasan ini hanyalah sekedar Pos Perbatasan, tapi kita patut berbangga dengan yang ada di tempat ini. Pos ini telah dipugar dengan arsitektur modern yang khas dengan nilai tradisional dan sekaligus kekokohan sebagai bentuk wibawa NKRI.

PLBN Motaain NTT

Nah, buat kalian yang sedang ada di Kupang, jangan lupa untuk menyempatkan waktu bertandang ke Atambua, karena kalian akan menemukan pesona mutiara wisata yang khas di perbatasan negara kita.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ada Info Hoax, Ini Fakta Sebenarnya dari Sosok Audrey Yu Jia Hui yang Sempat Viral!

Duh! Pria Pengangguran Ini Tolak Tawaran Rp 1,58 Triliun untuk Bekerja di Cina, Kenapa?