in ,

Pertama Kalinya, China Punya Lebih Banyak Orang Kaya Daripada Amerika Serikat

Hampir setengah dari orang di dunia yang dianggap berada di kelas menengah adalah orang Cina.

CakapCakapCakap People! Untuk pertama kalinya, jumlah orang kaya yang dimiliki oleh Cina lebih banyak daripada Amerika Serikat. Cina sudah melampaui Amerika Serikat dalam hal jumlah tertinggi dalam top 10% dari kekayaan global.

Credit Suisse Group, sebuah perusahaan jasa keuangan di Swiss, baru-baru ini menyoroti meningkatnya kekayaan dan kesenjangan yang melebar di seluruh dunia dalam Laporan Kekayaan Global 2019 atau The Global wealth report 2019.

Foto: Pixabay

“Cina sekarang memiliki 4,4 juta miliarder dan mengungguli negara lain tahun ini [2019] dengan 100 juta orang kaya masuk dalam top 10% global, menyalip untuk pertama kalinya 99 juta anggota [orang kaya] di Amerika Serikat,” ungkap US News & World Report. pada 24 Desember 2019.

Cina mampu mencapai hal itu meskipun sedang terjadi perlambatan ekonomi dan perang dagang yang berkelanjutan dengan AS.

“Krisis keuangan global menyebabkan kemunduran kecil, tetapi pertumbuhan kekayaan segera dimulai kembali, dan tidak seperti kebanyakan negara lain, Cina hampir menyamai kecepatan sebelum krisis, setidaknya sampai 2014,” kata laporan itu.

Berdasarkan temuan tersebut, hampir setengah dari orang di dunia yang dianggap berada di kelas menengah adalah orang Cina.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Cina telah mengangkat kehidupan lebih dari 850 juta orang keluar dari kemiskinan dalam empat dekade terakhir.

Foto: Pixabay

Laporan itu juga mencatat bahwa Cina “adalah salah satu dari sedikit negara yang menghindari dampak krisis keuangan global.”

“Kemajuan Cina telah memungkinkannya untuk menggantikan Eropa sebagai sumber utama pertumbuhan kekayaan global dan menggantikan Jepang sebagai negara dengan jumlah miliarder terbesar kedua.”

Cina, yang memiliki peringkat lebih rendah pada awal abad ke-21, menunjukkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan lebih cepat daripada negara lain.

Total kekayaan rumah tangga di Cina telah tumbuh dari USD 3,7 triliun menjadi USD63,8 triliun pada abad ini, menurut laporan itu.

Akan tetapi, penulis laporan kekayaan juga menunjukkan bagaimana ketimpangan telah meningkat pesat sejak tahun 2000.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

star wars the rise of skywalker

Star Wars: The Rise of Skywalker Tadinya Ingin Dibagi Dalam Dua Bagian

Banjir Melanda, Ini Penanganan dari Pemerintah untuk Jakarta, Banten dan Jakarta