in ,

Jangan Anggap Remeh Kondisi Busi Sepeda Motor! Begini Akibatnya

CakapCakap – Mengecek dan melakukan perawatan kendaraan secara rutin wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Dengan begitu, kondisi kendaraan pun bisa diketahui, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan, apalagi sampai mogok di jalan. Cakap People tentu saja tidak mau mengalami apes kendaraan mogok di jalan kan?! Salah satu komponen penting, terutama pada sepeda motor adalah busi, yang anehnya selama ini malah kerap diabaikan oleh pemiliknya.

Mengecek kondisi busi sepeda motor sangat penting dilakukan secara rutin. Via naikmotor.com

Busi sendiri merupakan elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena memiliki fungsi sebagai pemantik api di dalam ruang pembakaran sepeda motor. Menurut laman VIVA.co.id, jika busi rusak, dipastikan mesin sepeda motor tidak akan menyala. Sebagian pengguna sepeda motor banyak yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti busi. Idealnya pengecekan busi dilakukan setiap 4.000 kilometer, dan harus memperhatikan beberapa hal agar busi tetap prima.

Jangan lupa membersihkan busi dari kotoran dan mengecek jarak elektroda sesuai spesifikasi sepeda motor. Ciri-ciri busi yang mengalami kendala adalah ketika sepeda motor mulai susah di-starter, atau waktu menyala lebih panjang dari biasanya. Selain itu, suara sepeda motor juga sudah tidak mulus. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, busi sudah terlihat hitam dengan banyak kotoran dan jarak penutup ke inti elektrodanya sudah mulai longgar dari ukuran standar.  Apabila sepeda motor sudah dalam keadaan seperti itu dan busi tidak segera diganti, bagian motor lainnya bisa pula terjadi kerusakan.

Busi yang sudah terlihat hitam dan banyak kotoran harus segera diganti. Via duniamotor1.blogspot.com

Menurut laman Okezone.com pula, busi memiliki peranan penting dalam menghasilkan performa mesin maksimal. Busi berperan penting dalam sistem pengapian yang dibutuhkan pada saat terjadi pembakaran di ruang silinder, bercampurnya bahan bakar dan udara, yang kemudian dipercikan api dari busi merupakan skema proses kinerja mesin kendaraan. Oleh karena itu, jika busi tak memiliki pengapian yang baik, nmaka bisa mengakibatkan performa mesin sepeda motor kurang maksimal.

“Sistem pengapian yang besar dari busi mampu menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, hal itu bisa meningkatkan performa mesin kendaraan,” ungkap Iwan Abdurrahman dari Departement Technical Service Toyota Astra Motor. Makanya, mulai kini selalu perhatikan busi ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Perjalanan Jauh Harus Bawa 2 Ban Cadangan, Perlukah?

Jangan Diabaikan, 3 Benda Ini Sering Bikin Saluran Air di Kamar Mandi Mampet!